Kuota Haji 2023 Kabupaten Cirebon Bisa Naik Dua Kali Lipat, Ini Prediksi Kemenag

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Kuota haji 2023 untuk Kabupaten Cirebon  diprediksi akan lebih banyak dan naik dua kali lipat.

Pasalnya, kuota haji 2023 secara nasional untuk tahun 2023 sudah ditentukan. Yakni sebanyak 221.000 jamaah.

Namun, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, H Yuto Nasikin mengaku, belum menerima rilis jumlah kuota haji 2023 untuk Kabupaten Cirebon.

Tetapi, lanjut Nasikin, dari kuota haji 2023 secara nasional tersebut, yang berangkat haji tahun 2023 di Kabupaten Cirebon tentunya akan lebih banyak lagi.

BACA JUGA: Ini Syarat, Biaya dan Cara Bikin SKCK Baru di Polresta Cirebon

Dijelaskan Nasikin, jika mengacu pada kuota haji pada waktu sebelum pandemi Covid-19, yakni pada tahun 2019, maka kuota haji tahun ini untuk Kabupaten Cirebon sebanyak 2.375.

Bila dibandingkan dengan tahun 2022, lanjut Nasikin, kenaikannya bisa mencapai dua kali lipatnya. Karena, pada tahun 2022 kemarin, kuota naisonalnya saja hanya berjumlah 151.000 jamaah.

“Dari kuota nasional tahun 2022 sebanyak 151 ribu jamaah haji, Kabupaten Cirebon mendapat kuota sebanyak 1.092 jamaah haji,” ungkap Nasikin.

Saat disinggung soal jamaah haji lansia, Nasikin memprediksi jumlah lansia yang bakal berangkat haji akan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Jangan Panik, Berikut Cara Bayar Tilang Elektronik, Mudah Bisa Sambil Rebahan

Kuota Haji 2023 untuk Lansia juga Diprediksi Menumpuk

Hal itu terjadi karena pada saat pandemi memang tidak boleh diberangkatkan. Sehingga, jamaah haji lansia menumpuk di tahun 2023 ini.

“Kalau melihat kuota haji 2023 secara nasional sebanyak 221 ribu, maka jumlah lansianya sekitar 63 ribu,” paparnya.

Sementara untuk mekanisme pemberangkatan haji, lanjut Nasikin, seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat bakal melalui Embarkasi Indramayu. Kemudian, diberangkatkan melalui Bandara Kertajati Majalengka.

Nasikin yakin, pemberangkatan nanti tidak akan ada kendala. Karena sudah disiapkan juah-jauh hari.

“Insya Allah tidak ada hambatan karena persiapan waktunya lebih panjang bila dibandingkan tahun kemarin. Saat ini semua jamaah sudah bikin paspor haji, tinggal langkah-langkah selanjutnya,” terangnya. (cep)

Komentar