LEBIH ELEGAN, PT KAI Rilis Rangkaian Kereta Api Terbaru Buatan PT INKA, Disebut New Generation

Rangkaian Kereta Api
Rangkaian kereta api Argo Dwipangga terbaru dirilis PT KAI (Persero). Foto: HO-Humas PT INKA
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – PT KAI (Persero) baru-baru ini membuat gebrakan baru dengan meluncurkan rangkaian kereta api dengan desain elegan dan nyaman bagi penumpang.

Rangkaian Kereta Api generasi baruĀ Argo Dwipangga relasi Stasiun Gambir-Solo Balapan (PP) produksi PT INKA (Persero) resmi dioperasikan PT KAI (Persero) untuk menambah kepuasan layanan moda transportasi KA bagi masyarakat.

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono dalam keterangannya di Madiun, Kamis (14/12) mengatakan rangkaian kereta api tersebut terdiri dari kereta jenis “New Generation”, baik untuk kelas eksekutif maupun luxury.

Baca Juga:MANTAP! Pertamina Duduki Peringkat Pertama di Dunia, Simak Info Lengkapnya DisiniPerkiraan Cuaca Kamis 14 Desember 2023, Wilayah Cirebon Potensi Cerah Berawan dan Ada Hujan Ringan

“Kami bangga atas diresmikannya operasional KA Argo Dwipangga New Generation pada Rabu 13 Desember 2023. Hal ini tentu sinergi yang luar biasa antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia kereta api,” ujar Agung Dwi Cahyono dilansir dari Antara.

Menurut dia, rangkaian KA Argo Dwipangga New Generation ini merupakan realisasi dari kontrak 612 kereta eksekutif dan 11 kereta luxury dengan PT KAI saat dilaksanakan di Banyuwangi pada 9 Maret 2023.

Adapun, susunan pada rangkaian KA Argo Dwipangga New Generation terdiri dari 7 kereta kelas eksekutif, 3 kereta kelas luxury, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

Agung menyampaikan, peningkatan pelayanan untuk masyarakat hasil sinergi BUMN tersebut dapat terlihat dari peningkatan fasilitas dan tampilan sarana KA Argo Dwipangga.

“Kereta ini sudah dilengkapi dengan pintu elektrik otomatis, baik pintu masuk maupun pintu antar-kereta atau bordes. Antar-kereta sendiri juga telah dilengkapi ‘corrugated bellow’ yang membuat kekedapan suara semakin baik, disamping ‘tempered double glass’ untuk bagian kaca jendela,” jelas Agung.

Ia menambahkan, untuk mempermudah penumpang mengetahui informasi perjalanan, pada setiap kereta disematkan “Passenger Information Display System” (PIDS) yang menampilkan keterangan kecepatan yang sedang ditempuh, suhu ruangan kereta, informasi stasiun terdekat, tentunya dengan tampilan yang lebih modern.

Di setiap kereta juga telah dilengkapi dengan kamera pengintai atau CCTV sehingga dapat menambahkan rasa aman kepada penumpang.

Baca Juga:Seleksi Petugas Haji 2024 Dibuka Kemenag, Simak Syarat dan Cara Daftarnya Serta Rincian Tugasnya DisiniKPU Buka Pendaftaran 5 Juta KPPS 2024, Simak Syarat dan Jadwalnya Disini

Selain itu, penumpang juga dimanjakan dengan dukungan isi daya untuk gawai atau “USB port charging” dan untuk toilet, setiap kereta difasilitasi dua toilet yang terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

0 Komentar