Mau Daftar Kartu Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023? Catat Syaratnya

RADARCIREBON.ID – Informasi terkait pembukaan daftar Kartu Prakerja gelombang 48 tahun 2023 akan disajikan disini.

Berikut informasi mengenai kapan penyelenggaraan daftar Kartu Prakerja gelombang 48 tahun 2023 dibuka lengkap syarat dan pendaftarannya.

Akhir tahun 2022, Kartu Prakerja gelombang 47 menjadi yang terakhir dan akan segera berlanjut ke gelombang 48 di tahun 2023 ini. Banyak yang bertanya kapan Kartu Prakerja gelombang 48 akan dibuka.

Simak di sini untuk mengetahui jadwal pembukaan Kartu Prakerja tahun 2023 ini. Namun sebelumnya ketahui informasi berikut ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja akan Dibuka Kembali, Cek Syarat dan Ketentuannya

Rincian insentif peserta lolos Kartu Prakerja itu, yakni Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan dan insentif survei yang mencapai Rp150 ribu.

Pada tahun 2023 ini, Kartu Prakerja bukan lagi program bantuan sosial seperti pada tahun 2020-2022.

Karena itu, mulai tahun 2023 ini para penerima bansos seperti PKH, BPUM, dan BSU juga bisa mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja.

Pendaftar program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Baca Juga: Siap-siap, Kartu Prakerja Bakal Dibuka Lagi di Tahun 2023

Berikut syarat daftar Kartu Prakerja:

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit
TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga: Tendik Swasta Bisa Ikut Sertifikasi Guru 2023, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Dikutip dari akun Instagram Kartu Prakerja, gelombang 47 merupakan kesempatan terakhir masyarakat untuk jadi peserta program di 2022.

“Gelombang 47 adalah kesempatan terakhir untuk kamu menjadi penerima Kartu Prakerja di tahun 2022 ini, artinya ini adalah Gelombang terakhir Program Kartu Prakerja di tahun 2022 ini,” demikian bunyi unggahan itu.

Komentar