Mengenal Terowongan Kembar Tol Cisumdawu: BIKINNYA 2 TAHUN SENDIRI

SAAT ini jika Anda sudah mengakses Tol Cisumdawu, maka akan melalui terowongan kembar. Ini merupakan ciri khas atau ikonik-nya Tol Cisumdawu.

Foto dan video tentang terowongan kembar Tol Cisumdawu pasti sudah banyak beredar di sosial media. Tapi, jika penasaran, cobalah sesekali (saat ini) melintasi Tol Cisumdawu.

Ya, Tol Cisumdawu saat ini sudah dibuka, meski belum 100 persen. Jika melintas, sudah pasti melewati terowongan kembar Tol Cisumdawu. Ada sensasi berbeda ketika memasuki terowongan ini.

Kementerian PUPR RI dalam rilisnya menyebutkan bahwa Tol Cisumdawu merupakan tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan.

BACA JUGA: Mengenal 6 Seksi Tol Cisumdawu, Mendukung Akses Bandara Kertajati

Mengenai pengerjaan dan biaya menyelesaikan terowongan kembar ini, ternyata gak main-main.

Terowongan kembar Tol Cisumdawu ini memiliki panjang 472 meter dengan lebar 14 meter.

Dalam pengerjaannya, menembus bukit dengan menggunakan teknologi New Austrian Tunneling Methods (NATM).

Teknologi NATM itu maksdunya memberi penguatan kepada tanah sebelum menggali.

BACA JUGA: Bandara Kertajati Majalengka Tambah Ramai, Ada Tol Cisumdawu 100 Persen dan Penerbangan Haji 2023

Setelah itu dilakukan evaluasi dan monitoring dari perkuatan yang diberikan. Lalu dilakukan penggalian dengan menggunakan first lining dan second lining.

Masih dalam keterangan rilis Kementerian PUPR, metode penggalian yang digunakan dalam konstruksi terowongan Tol Cisumdawu adalah metode penggalian three-bench seven-step yang dapat menstabilkan pemuka terowongan tanpa memerlukan tambahan penyangga.

Terowongan ditutup dengan lapisan beton yang disemprotkan (shotcrete) agar meningkatkan kohesi internal massa batuan, memperkuat galian pendukung, dan bertindak sebagai lapisan sementara maupun lapisan akhir.

Dan, pembangunan terowongan kembar Tol Cisumdawu ini sendiri menelan dana Rp890 miliar dalam waktu 1,5 tahun atau hampir 2 tahun!.

BACA JUGA: BIKIN KAGET! Tol Cisumdawu Terkini Seksi 5A Jauh dari Selesai, Jadi Pesimis Februari Selesai

Dan kini Tol Cisumdawu menuju pengoperasian 100 persen. Tol Cisumdawu sudah pasti akan mendukung konektivitas Bandara Kertajati.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dalam raker bersama Komisi V DPR RI pada Selasa 17 Januari 2023 mengatakan Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari 2023.

Komentar