Menghafal Alquran Mudah, Ini Cara Menghafal Alquran

RADARCIREBON,id – Artikel berikut ini adalah cara menghafal Alquran. Cara menghafal Alquran cukup sulit bagi pemula. Padahal, menghafal Alquran penting.

Cara menghafal Alquran ini, nantinya banyak memberikan manfaat dan keutamaan bagi yang mengamalkannya. Dari sekian banyak  manfaat dan keutamaan tersebut, di antaranya adalah, Alquran akan memberikan syafaat.

Cara menghafal Alquran, bagi yang mengamalkannya akan beruntung. Hal itu sesuai isi dari Alquran. Bagi seorang penghafal Alquran, karena Alquran akan menjadi penolong.

BACA JUGA:

Minat Menjadi Anggota PPS Pemilu 2024 Tinggi, Berapa Sih Honornya?

Dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu ‘anhu bercerita, Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda :

“Rajinlah membaca Al Qur’an, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim 1910)

Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يجيء القرآن يوم القيامة كالرجل الشاحب يقول لصاحبه : هل تعرفني ؟ أنا الذي كنتُ أُسهر ليلك وأظمئ هواجرك… ويوضع على رأسه تاج الوقار ، ويُكسى والداه حلَّتين لا تقوم لهما الدنيا وما فيها ، فيقولان : يا رب أنى لنا هذا ؟ فيقال لهما : بتعليم ولدكما القرآن

Al-Quran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, “Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu… ” kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya, dan kedua orang tuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, “Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?” kemudian dijawab, “Karena anakmu belajar al-Quran.” (HR. Thabrani dalam al-Ausath 6/51, dan dishahihkan al-Albani).

BACA JUGA:

Jadwal Lengkap Persib Bandung di BRI Liga 1 Indonesia Musim 2022/2023

Mengahafal Alquran bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu kesungguhan dalam menjalankannya. Bahkan untuk menghafal satu surat pun terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Jika tak pandai memanfaatkan waktu, maka menjadi penghafal Al-Qur’an hanya akan berakhir menjadi keinginan belaka. Meski begitu, bukan berarti menghafalkan Al-Qur’an menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Faktor utama sulit dalam menghafal Alquran adalah dosa dan maksiat. Dosa-dosa kepada Allah Ta’ala itulah yang menyebabkan lemah dalam menghafal alquran, hal ini mendorong akal anda untuk mudah lupa dan menyebabkan ayat terbolak-balik.

Komentar