Moms, Ini Cara Merawat Anak Alami Demam

RADARCIREBON.ID- Saat anak kita tiba- tiba demam orangtua pasti khawatir dengan kondisinya. Seperi halnya demam tifoid.

Demam tifoid atau tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit menular ini biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri atau melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Dilansir dari halodoc, siapa saja bisa terkena demam tifoid, tapi anak-anak dianggap paling berisiko mengalami penyakit tersebut, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang. Itulah mengapa penting bagi orangtua untuk mewaspadai infeksi bakteri yang satu ini.

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Jadi Generasi Home Service

Untungnya, demam tifoid cenderung menimbulkan gejala yang ringan pada anak-anak, dan ada beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk merawat anak agar cepat sembuh.

Gejala Demam Tifoid pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Demam tifoid biasanya menimbulkan gejala yang berkembang secara bertahap, yaitu seringkali muncul satu hingga tiga minggu setelah terpapar penyakit. Gejala awal penyakit tersebut, antara lain:

  • Demam yang rendah, lalu meningkat setiap hari, mungkin bisa mencapai setinggi 40,5 Celsius.
  • Sakit kepala.
  • Kelemahan dan kelelahan.
  • Nyeri otot.
  • Berkeringat.
  • Batuk kering.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Sakit perut.
  • Diare atau sembelit.

Baca juga: Meja Boarding Pass Stasiun Cirebon Disuguhi Aquarium

Meski gejala demam tifoid cenderung ringan pada anak-anak, tapi penyakit ini tetap perlu segera diobati. Pasalnya, bila dibiarkan saja, infeksi bakteri bisa menyebabkan berat badan anak turun, perutnya membengkak atau kembung, atau timbul ruam merah berbintik di dada bagian bawah atau perut.

Tanpa pengobatan, demam tifoid juga bisa berkembang menjadi sangat serius bahkan mengancam jiwa.

Cara Merawat Anak yang Mengalami Demam Tifoid

Karena disebabkan oleh bakteri, demam tifoid bisa diobati oleh antibiotik. Penting untuk memberikan anak minum obat secara teratur sesuai yang dianjurkan dokter, bahkan bila ia sudah merasa lebih baik. 

Pasalnya, bila moms menghentikan pemberian antibiotik terlalu cepat, beberapa bakteri bisa tetap ada dalam tubuh. Biasanya, anak akan mulai merasa lebih baik dalam 2-3 hari setelah minum obat.

Komentar