Bentuk Satgas Khusus, PDIP Jabar Dorong Percepatan Pemekaran Daerah

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID-PDIP Jabar terus mendorong percepatan pemekaran daerah di Jawa Barat (Jabar).

Untuk itu, PDIP Jabar menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mempercepat pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) di Provinsi Jawa Barat.

Langkah tersebut merupakan rekomendasi atau rencana tindaklanjut hasil Dialog Publik Mengawal CDPOB di Jawa Barat yang sukses digelar DPD PDIP Jabar, Selasa (24/1).

Acara bertempat di sekretariat DPD PDIP Jabar Jalan Pelajar Pejuang 45 No 1 Lingkar Selatan, Bandung itu dihadiri jajaran Paguyuban Masyarakat Indramayu Barat (PMIB) serta 7 perwakilan Forum CDPOB se-Jawa Barat lainnya.

BACA JUGA: Wujudkan Zero Stunting, Bupati Nina dan PDIP Canangkan Gerakan Hidup Sehat

Yaitu Presidium Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Timur, Garut Utara, Forum Cianjur Selatan dan KPPK Bogor Barat.

Selain pengurus DPD, hadir pula semua legislator Fraksi PDIP DPR RI Dapil Jabar, Pimpinan Fraksi PDIP DPRD Jabar, ketua dan anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat.

Ditambah dari pihak eksekutif Kabag Biro Pemotda Pemprov Jabar, akademisi dari Injabar Universitas Padjajaran Bandung dan peninjau dari Gerakan Mahasiswa Pasundan.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono ST menjelaskan, pemekaran daerah di Jawa Barat dinilai sudah sangat mendesak. Demi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kualitas pelayanan publik yang lebih efektif.

BACA JUGA: Warga Miskin di Indramayu Turun Drastis, Bupati Nina: Ini Berkat Kerja Keras Super Tim

Namun demikian, pihaknya menyadari memekarkan suatu daerah tidaklah mudah. Karena selain aspek akademik, sosial budaya maupun ekonomi, aspek politik juga dinilai paling penting.

Ditambah lagi, pemerintah pusat saat ini belum mencabut moratorium pemekaran daerah terkecuali untuk Papua.

Menurutnya, pemekaran daerah di Jabar ini memng masih perlu tahapan, proses serta mekanisme yang ditempuh dan terus diperjuangkan.

Melihat bahwa pemekaran di Jabar ini sangat urgen, maka perlu dilakukan pergerakan percepatan bersama-sama dan secara bergotong royong.

BACA JUGA: Pemilih Pemilu 2024, Jumlah Janda Lebih Banyak Dibanding Duda

“Sehingga tidak mustahil, moratorium pemekaran daerah untuk Jawa Barat segera dicabut,” terangnya.

Komentar