Ratusan Ontelis Munggahan Jelang Ramadhan, Ini Wejangan Rois Syuriah NU Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.ID -Manyambut bulan Ramadhan, ratusan ontelis  mengikuti acara munggahan yang digelar Komunitas Ontel Angkatan Lansia (Koal) Cirebon Timur.

Mereka melakukan gowes munggahan dengan rute Balai Kota Cirebon menuju Markas Koal Cirebon Timur yang berlokasi di Buntet Pesantren, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Ketua Koal Cirebon Timur, H Jirjis Hiktitonu menyampaikan, kegiatan munggahan ontelis, untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan diikuti sedikitnya 300 peserta.

Ratusan peserta ontelis berasal dari komunitas ontel di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang ikut memeriahkan acara tersebut.

BACA JUGA: Klinik Mata Losari Dilaunching, Dekatkan Pelayanan Kesehatan Mata pada Masyarakat

“Munggahan ontelis ini, peserta ada dari Pangandaran, Majalengka, dan Brebes. Alhamdulillah, banyak yang hadir. Sekitar 300 orang, ada dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujar Jirjis.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cirebon, Santo Mulyono, menyambut baik kegiatan munggahan ontelis tersebut.

Menurutnya, kegiatan itu direncanakan secara mendadak, untuk menyambut bulan Ramadhan. Namun, mendapat respons baik dari para komunitas ontel. Sehingga, antusiasnya cukup besar.

Menurutnya, kegiatan munggahan yang dilakukan ala ontelis adalah sesuatu yang positif.

BACA JUGA: SAMBUT RAMADHAN, Ini 5 Takjil Paling Diburu di Plered Cirebon

“Bagi peserta, ini merupakan bentuk kesiapan fisik untuk menghadapi Ramadan. Karena akan menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Opik salah satu peserta dalam kegiatan munggahan ontelis mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai kegiatan ontel penutup, khususnya jelang Ramadan. Terlebih lagi diisi dengan kegiatan ceramah, usai kegiatan ontel. Sehingga, banyak manfaat baik yang didapat.

Oleh karena itu, Ia berharap kegiatan tersebut terus dilestarikan setiap tahunnya. “Semoga bisa dijadikan sebagai agenda rutin ontelis menjelang ramadan,” ujar Opik.

BACA JUGA: 3,5 Miliar untuk Bonus Atlet Segera Dicairkan Dispora Kabupaten Cirebon

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon, KH Wawan Arwani yang menjadi penceramah dalam acara munggahan ontelis.

Menurut Kiai Wawan, banyak kebaikan yang didapat untuk setiap orang yang menyambut bulan suci Ramadhan.

Salah satunya, bahwa Allah menjanjikan surga, kepada orang yang senang dan menyambut datangnya bulan Ramadhan. “Kegiatan munggahan ini salah satu contohnya,” kata Kiai Wawan.

Komentar