Seleksi CPNS 2023 Lebih Selektif, Ada Kuota untuk Data Scientist

RADARCIREBON.ID – Jadwal seleksi CPNS 2023 hingga hari ini Panitia Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara (Panselnas CASN) belum menetapkan kapan.

Perlu diketahui bahwa sebelum jadwal seleksi CPNS 2023 diumumkan, ada tahapan penting yang harus dilalui, yakni pengusulan kebutuhan formasi CPNS oleh masing-masing instansi, baik pusat maupun pemerintah daerah (pemda).

Sebelum adanya jadwal seleksi CPNS 2023, terlebih dahulu usulan dari instansi akan diseleksi lagi oleh KemenPAN-RB disesuaikan dengan kebutuhan.

Baru selanjutnya akan ditetapkan berapa kuota dan formasi CPNS untuk seluruh instansi.

Baca Juga: Seleksi CPNS 2023 Dibuka, Cek Faktanya di Sini

Nah, dari formasi yang sudah ditetapkan dan diumumkan itulah, para calon pelamar bisa menentukan pilihan yang akan dilamar.

Tentunya, disesuaikan persyaratan latar belakang pendidikan atau ijazah yang dimilikinya.

Sekali lagi, hingga saat ini belum ada usulan formasi CPNS 2023 dari masing-masing instansi. Sehingga, belum diketahui formasi apa saja yang akan direkrut.

Namun, tidak ada salahnya mulai sekarang mencari informasi, kira-kira formasi apa saja yang kemungkinan besar tersedia pada seleksi CPNS 2023.

Baca Juga: Bansos Tahun 2023 Segera Cair, Cek Bantuan Apa Saja yang Masih Disalurkan

Sebagai gambaran umum, mari lihat dokumen Rapat Koordinasi Pengadaan ASN TA 2023 yang digelar pada 30 November 2022.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) KemenPAN-RB Alex Denni saat memberikan paparan pada rakor tersebut, menyebutkan bahwa rekrutmen CPNS 2023 akan dilakukan dengan sangat selektif.

Terlihat juga formasi apa saja yang akan dibuka. Untuk seleksi CASN jenis Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2023, pemerintah masih akan fokus kepada penyelesaian masalah non-ASN atau honorer.

Dikutip dari situs resmi KemenPAN-RB, berikut ini arah kebijakan pengadaan ASN Tahun 2023, sebagaimana dipaparkan Alex Denni pada rakor tersebut.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Syarat KUR BRI 2023, Pinjaman Bisa Sampai Rp500 Juta

1. Fokus pada pelayanan dasar (guru dan tenaga kesehatan) dengan seoptimal mungkin menyelesaikan masalah non-ASN.

2. Memberi kesempatan untuk rekrutmen tenaga talenta digital dan data scientist secara terukur.

3. Merekrut CPNS secara sangat selektif.

4. Mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Komentar