Situ Gede Bogor Makin Glowing dan Eksotis, Diresmikan Ridwan Kamil  

WAJAH baru Situ Gede telah diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis (19/1/2023).

Kawasan yang ada di aset Pemrov Jabar dengan luas sekitar 4,2 hektare itu semakin glowing, kental dengan nuansa eksotis sebagai destinasi wisata dan pengembangan ekowisata.

“Silakan manfaatkan Situ Gede. Sudah direvitalisasi dengan anggaran Rp7 miliar. Direvitalisasi provinsi untuk peningkatan ekonomi, wisata,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurutnya, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang harus jadi tempat yang luar biasa secara fungsi dan lainnya.

BACA JUGA: Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang Kini Gabung Partai Golkar

“Mudah-mudahan (revitalisasi Situ Gede, red) memberikan kemaslahantan bagi masyarakat. Dengan ini revitalisasi Situ Gede Kota Bogor diresmikan,” katanya.

Situ Gede merupakan sebuah situ alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Puslitbang) sebagai pengelola kawasan hutan konservasi.

Setelah direvitaliasi, potensi Wisata Situ Gede Kota Bogor tidak hanya dari nuansa alam yang terdapat di sekitar Kawasan itu.

Situ Gede saat ini sudah dikelola sebagai objek wisata domestik dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia. Seperti wahana air, jogging track, warung-warung kuliner, dan kawasan hutan lindung.

BACA JUGA: Ini Pernyataan Ridwan Kamil setelah Dapat Posisi Wakil Ketua Umum Golkar

Kawasan Situ Gede juga berada di kawasan hutan lindung, menyajikan suasana alami, air bersih dan tampungan air tetap terjaga sepanjang musim.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Ahmad Sidik mengatakan dengan penataan yang dilakukan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan.

Lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan/IPB, akses mudah dijangkau, yakni berada di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya. Yaitu Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan situ gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Gabung Golkar, Lili Eliyah: Kami Makin Optimis Menatap 2024

Ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 meliputi pekerjaan persiapan, area parkir, pedestrian, plaza.

Komentar