Stok Darah di PMI Mulai Menipis, Cek Jumlahnya di Sini

CIREBON,RadarCirebon.id – Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Cirebon mengalami penipisan. Hal itu karena adanya peningkatan permintaan darah.

Stok darah menipis karena banyak dari keluarga pasien ataupun rumah sakit yang ada di wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya meminta darah.

Bahkan, per Rabu 11 Januari 2023 pukul 14.00, stok darah di PMI Kota Cirebon mulai menipis. Diketahui, stok sel darah merah (PRC) untuk golongan darah A sebanyak 4 kantung, B sebanyak 3 kantung, O sebanyak 5 kantung, dan AB sebanyak 19 kantung.

Untuk stok darah trombosit (TC) berkisar golongan darah A sejumlah 1 kantung,  B sebanyak 8 kantung, O sebanyak 3 kantung, dan AB kosong.

BACA JUGA:

KPU Apresiasi Data Pemilih Masuk di IKD

Untuk PRC Leukodepleted berkisar golongan darah A sebanyak 9 kantung, serta golongan darah B dan O masing-masing sebanyak 3 kantung, dan AB sebanyak 1 kantung.

Sedangkan untuk Fresh Frozen Plasma (FFP) berkisar 18 kantung, baik untuk golongan darah A, B, dan O. Serta 15 kantung untuk golongan darah AB.

Sementara untuk darah lengkap atau whole blood untuk golongan darah B sebanyak 1 kantung, O sebanyak 2 kantung, dan AB sebanyak 4 kantung, sedangkan golongan darah A kosong.

Perekrutan Donor Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S), Ismail mengatakan, pihaknya kini sekarang memiliki stok darah yang menipis akibat banyaknya permintaan darah dari rumah sakit ataupun keluarga pasien yang menjalani perawatan di Kota Cirebon dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Ada Desa Jin, Ini Kampung Terkaya di Kabupaten Majalengka

“Memang untuk stok saat ini untuk semua golongan darah di PMI Kota Cirebon sedang menipis,” ujar Ismail ketika dikonfirmasi Radar Cirebon.

Menurut Ismail, saat ini memang antusias masyarakat untuk donor darah sudah mulai banyak dan mengalami peningkatan. Namun tidak sebanding dengan meningkatnya permintaan. Ditambah lagi event-event saat ini belum berjalan penuh.

“Event mah ada tapi memang belum banyak event donor darahnya karena kami duga mungkin masih liburan juga. Untuk itu, kami mengharapkan masyarakat untuk membantu,” ungkapnya.

Komentar