Tahun Baru Imlek di Vihara Dewi Welas Asih Cirebon, Bersih-bersih Rupang hingga Sembahyang di 29 Januari 2023

CIREBON, RADARCIREBON.ID- Aktivitas di Vihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon sedang padat. Pengurus Vihara Dewi Welas Asih sudah sibuk mempersiapkan Tahun Baru Imlek 2023.

Ya, menuju Tahun Baru Imlek dengan Shio Kelinci itu sejumlah ritual dipersiapkan di Vihara Dewi Welas Asih. Ditutup dengan Cap Go Meh pada 5 Februari akan datang.

Lebih dari seribu sembako telah didistribusi oleh pengurus Vihara Dewi Welas Asih dalam kegiatan bakti sosial untuk Tahun Baru Imlek. Bantuan itu berasal dari umat. Serta rekanan yang menitipkan di vihara yang berlokasi di Jalan Kantor, Kota Cirebon, tersebut.

BACA JUGA: Tahun Baru Imlek 2023 di Kota Cirebon akan Lebih Meriah Dibandingkan Tahun 2022

“Sembako-sembako ini didistribusi ke Wilayah 3 Cirebon. Sebagian masih menunggu disalurkan,” ungkap salah seorang pengurus Vihara Dewi Welas Asih, Romo Yanto kepada Radar Cirebon.

Pada 14 Januari telah dilaksanakan sembahyang Sang Sin di Vihara Dewi Welas Asih. Yaitu ritual menghantar para dewa naik ke langit untuk melaporkan catatan perbuatan manusia kepada Tuhan. Dilakukan sore hingga malam harinya.

Lilin-lilin ukuran kecil hingga besar telah dipersiapkan. Disimpan di ruang samping Vihara Dewi Welas Asih. Lilin itu milik umat yang telah dipesan. Akan diletakkan dan dinyalakan dua atau tiga hari menjelang Imlek. Dinyalakan oleh pemilik lilin tersebut.

BACA JUGA: Kue Keranjang sajian Setahun Sekali Sambut Tahun Baru Imlek

Romo Yanto menambahkan, menjelang Tahun Baru Imlek permintaan lampion meningkat. Seperti permintaan untuk lembaga pemasyarakat dan instansi-instansi. Itu untuk menghiasi ruangan menyesuaikan dengan suasana Imlek. Serba emas dan didominasi warna merah.

Pada 16 Januari 2023 dilakukan bersih-bersih rupang atau patung. Semua rupang dibersihkan dari debu. Diberikan minyak wangi, kembang aneka rupa dan sesaji berupa buah-buahan, kue basah dan permen.

Tahun Baru Imlek sendiri jatuh pada 22 Januari. Di malam menjelang tahun baru Imlek, sudah menjadi tradisi, Vihara Dewi Welas Asih jadi tujuan warga Tionghoa untuk sembahyang.

BACA JUGA: Tahun Kelinci Air, Inilah 7 Shio yang Akan Beruntung di Tahun Baru Imlek 2023

Komentar