Tol Cisumdawu Kapan Beroperasi? Ini Dampaknya untuk Cirebon jika Tol Cisumdawu Sudah Dibuka

CIREBON, RadarCirebon.id – Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu kapan beroperasi secara penuh? Jawabannya ada dalam artikel ini.

Tol Cisumdawu sangat ditunggu beroperasi secara penuh. Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menargetkan bahwa Tol Cisumdawu beroperasi secara keseluruhan pada akhir bulan Februari 2023.

Berdasarkan rencana awal, penyelesaian Tol Cisumdawu baru berakhir pada bulan Maret tahun 2023. Tapi menurut Basuki, Tol Cisumdawu resmi seluruhnya beroperasi pada bulan Februari 2023.

“Tol Cisumdawu secara total dapat dioperasikan akhir Februari atau awal Maret,” kata Menteri Basuki saat rapat kerja atau raker Komisi V DPR RI (17/1/2023).

Seperti diketahui, ruas Tol Cisumdawu saat ini telah selesai pembangunannya untuk seksi I. Yaitu, Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,4 kilometer. Tahap selanjutnya akan dikejar.

BACA JUGA:

Mengenal 5 Alat Musik Petik Asli Indonesia

Sehingga, Tol Cisumdawu beroperasi secara keseluruhan pada akhir Februari 2023. Tentunya ini kabar gembira bagi semua pengguna jalan tol.

“Saya akan upayakan akhir Februari Tol Cisumdawu bisa dioperasikan secara tuntas,” jelas Menteri Basuki.

Secara keseluruhan, sepanjang tahun 2022, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol baru sepanjang 183 kilometer. Secara rinci tol tersebut adalah Tol Cisumdawu (seksi 1 Cileunyi-Pamulihan), Manado-Bitung (Seksi 2B Danowudu-Bitung), Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Tsabat).

Kemudian ada juga jalan Tol Cibitung-Cilincing (Seksi 2-3 Telaga Asih -Tarumajaya), Serpong-Balaraja (Seksi 1A), dan Padang-Pekanbaru (Seksi Pekanbaru-Bangkinang).

Sedangkan untuk pembangunan jalan baru telah terlaksana sepanjang 846 km di 2022. Di antaranya, jalan menuju Makam Pahlawan Cut Mutia (Aceh), Pansela Jawa (Jateng, DIY, Jatim).

BACA JUGA:

15 Peserta Open Bidding di Pemkab Cirebon Sudah Bikin Makalah, Tinggal Rekam Jejak dan Wawancara

Ada juga Planjan-Baron-Tepus (DIY), Siding/Seluas-Sekayang/Entikong (Kalbar), Long Pahangai-Long Boh & Long Bagun-Tering (Kaltim).

Lalu, ada juga pembangunan jalan dukungan IKN (Kaltim), Rasau-Jasa-Bts Negara (Kalbar), Manado Outer Ring Road III (Sulut), Lingkar Kendari (Sultra), Mamberamo-Elelim dan jalan akses Jembatan Holtekamp (Papua), serta Towe Hitam-Oksibil (Papua).

Nah, karena ditargetkan beroperasional di bulan depan, Tol Cisumdawu atau Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, diprediksi bisa menggaet investor.

Dengan beroperasionalnya Tol Cisundawu, diharapkan ekonomi Ciayumajauning bisa bergeliat dengan sejumlah sektor yang mulai berjalan.

Komentar