Uji Coba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Wajib Tahu Perbedaan Dalam Segi Spesifikasi Dan Rangkaian Kereta EMU dan CIT

Kereta Api
Uji Coba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Berikut ini Adalah Ulasan Artikel Seputar Uji Coba Kereta Api Super Cepat Jakarta Bandung

Beberapa hari terakhir ini publik dihebohkan dengan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung yang melintas dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung menuju Stasiun Halim, Jakarta.

Uji coba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung ini pun menyedot perhatian publik yang ingin mengetahui secara jelas bentuk hingga spesifikasi dari rangkaian kereta EMU dan CIT yang digunakan.

Baca Juga:Wajib Tahu Bagi Anda Para Kaum Hawa Rekomendasi Lipstik PIXY Terbaik Tahun 2023Wajib Tahu 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Dengan Cara yang Mudah dan Efektif!

Pasalnya, dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung ini, ada dua jenis rangkaian kereta yang digunakan yakni rangkaian kereta EMU dan CIT.

Lalu, apa perbedaan dan spesifikasi dari rangkaian kereta EMU dan CIT yang digunakan dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung ini?

Dalam berbagai tayangan televisi, youtube atau media sosial, tampak rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung berwarna merah melintas di jalur mulai dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung hingga Stasiun Halim, Jakarta.

Tapi, ada pula rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung berwarna emas yang juga melintas pada hari berikutnya dalam uji coba ini.

Untuk diketahui, rangkaian Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang berwarna merah ini bernama Electrik Multiple Unit (EMU) KCIC400AF. Sedangkan rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berwarna emas bernama Comprehensice Inspection Train (CIT) KCIC400AF atau kereta inspeksi.

KCIC400F memiliki lebar 3,36 meter dan tinggi 4,05 meter, dengan panjang kepala kereta 27,2 meter dan intermediate kereta 25 meter. Selain itu, tipe ini juga memiliki masa penggunaan lebih lama hingga lebih dari 30 tahun (sejak tahun produksi) serta biaya perawatan yang lebih rendah.

Rangkaian Kereta Satu rangkaian kereta KCIC400F terdiri dari 8 gerbong. Dengan komposisi empat gerbong bermotor dan empat gerbong tanpa motor. Komposisi ini memungkinkan kereta memiliki kecepatan hingga 420 kilometer per jam dan kecepatan operasional 350 kilometer per jam.

Baca Juga:Wajib Tahu 5 Tempat Wisata Di Cirebon yang Lagi HitsWajib Tahu 8 Tips Awet Muda yang Sederhana yang Mudah Anda Lakukan

Meskipun kecepatan tinggi, dari sisi kenyamanan KCIC400F memiliki cabin noise yang lebih rendah. Sehingga mampu meredam getaran dan suara di dalam kereta dengan lebih optimal.

0 Komentar