Untuk Antisipasi Bencana di Kota Cirebon, Buffer Stock Masih Aman

RadarCIREBON.id – Buffer stock masih aman untuk para korban bencana alam. Stok ini penting, karena curah hujan di Kota Cirebon intensitasnya masih cukup tinggi. Bahkan beberapa pekan ke depan diprediksi masih tinggi curah hujannya.

Buffer stock untuk korban bencana di Pemerintah Kota Cirebon seperti rumah ambruk, sudah disalurkan oleh Dinas Sosial atau Dinsos Kota Cirebon. Disalurkan pada pertengahan Januari 2023.

Data yang diterima Radar Cirebon, sejak awal Januari hingga pertengahan bulan Januari 2023, Rabu (18/1/2023), sudah ada penyaluran buffer stock kepada warga di Kota Cirebon.

Warga penerima di antaranya Robiah, warga Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti. Dia menerima bantuan buffer stock karena rumahnya ambruk.

BACA JUGA:

Terus Koordinasi, Polresta Cirebon Siap Amankan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024

Dinsos menyalurkan buffer stock sebanyak 8 jenis, mulai dari beras, sarden, susu, minyak goreng, kornet, saus, Mie instant dan kecap. Tidak hanya di situ, sebanyak 8 Kepala Keluarga (KK) di kelurahan Kecapi juga mendapatkan bantuan buffer stock.

Selain itu, Kelurahan Kesenden Kecamatan Harjamukti juga menerima bantuan buffer stock. Rencananya warga Kelurahan Pegambiran dan Kelurahan Sunyaragi juga akan menerima bantuan buffer stock. Rata-rata, untuk korban rumah ambruk karena kondisi rumahnya sudah lapuk.

Kepala Dinas Sosial, Dra Santi Rahayu MSI kepada Radar menjelaskan, sejak awal bulan Januari hingga pertengahan Januari 2023, Dinsos sudah melakukan penyaluran buffer stock kepada warga korban bencana seperti rumah ambruk.

Santi menegaskan, sampai dengan sekarang, buffer stock masih aman jika sewaktu-waktu ada warga yang membutuhkan. “Alhamdulillah buffer stock aman,” kata Santi.

BACA JUGA:

Warisan Akulturasi Budaya di Museum Keraton Kasepuhan

Lebih jauh Santi menjelaskan, Dinsos akan memproses penyaluran buffer stock apabila ada surat rekomendasi dari kelurahan, yang menerangkan bahwasanya warganya membutuhkan bantuan.

“Dominan warga yang dibantu karena kondisi rumahnya ambruk,” tandasnya.

Pihaknya memastikan buffer stock di Dinsos sampai dengan sekarang dalam kondisi aman dan tidak sampai kehabisan. Stok yang ada masih tersedia untuk pengadaan tahun 2022, sedangkan tahun 2023 belum ada pengadaan buffer stock.

Komentar