Usaha UMKM Yang Menjanjikan, Ini Kata Pendamping UMKM di Kota Cirebon

RADARCIREBON.ID – Usaha UMKM Yang Menjanjikan, merupakan sebuah prospek dari pelaku usaha menengah agar dapat mencapai sebuah keberhasilan sehingga naik kelas.

Agar pelaku UMKM bisa naik kelas tentunya memerlukan pendampingan. Karena seorang pendamping UMKM akan membantu para pelaku usaha dengam program-programnya, diantaranya melengkapi legalitas perijinan seperti NIB,PIRT,BPOM,Halal.

Mengadakan pelatihan-pelatihan seperti membuat laporan keuangan, pelatihan digital marketing, memberikan akses kepada lingkungan Pemerintah maupun swasta untuk membantu memenuhi peralatan dan perlengkapan usaha.

Serta akses market dan permodalan agar dapat membantu para pelaku UMKM mendapatkan akses permodalan.

Baca juga: Pengobatan Bekam Menurut Islam, Metode Klasik Yang Semakin Diminati

Usaha UMKM Yang Menjanjikan, Kata pendamping UMKM Kota Cirebon, Galih Pratama Putra, BBA,.MBA salah satu pendamping UMKM Jabar Juara Kota Cirebon dari Akademisi, UMKM menjadi penopang ekonomi negara Indonesia, oleh sebab itu para pelaku UMKM harus mendapatkan pendampingan agar usahanya lebih maju dan berkembang.

Ekonomi kreatif

UMKM Jawa Barat, memiliki program UMKM yang sudah cukup dikenal dengan perkembangan ekonomi kreatifnya yang cepat.

Ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jawa Barat bahkan nasional karena ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjang.

Produk-produk usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti fesyen dari Bumi Pasundan ini pun banyak dilirik pasar global pada acara Expo 2020 Dubai pada akhir 2021 lalu.

Baca juga: Pangkas Rambut Panggilan Cirebon, Bisa Datang ke Rumah, Coba Yuk

Pesatnya pertumbuhan ekonomi kreatif ini membuat Provinsi Jabar memberikan kontribusi terbesar terhadap ekspor nasional pada Januari – Juni 2021 yang mencapai US$16,08 miliar atau 15,63 persen dari total ekspor nasional.

UMKM Jabar Juara

Usaha UMKM Yang Menjanjikan, menurut Galih, Jawa Barat memiliki program UMKM unggulan yaitu ‘UMKM Jabar Juara’ yang ditargetkan mencapai 4.000 pelaku UMKM pada 2022.

Program UMKM Jabar Juara tahun 2022 lebih fokus pada penguatan akses pembiayaan, akses pasar dan aspek legal. Menargetkan pembentukan wirausaha Jabar yang memiliki komitmen untuk menjadi juara di bidang bisnis.

Bentuk kegiatan dari program UMKM Jawa Barat ini adalah pendampingan, pelatihan, perizinan, penyediaan infrastruktur, fasilitasi pembiayaan, promosi, kemitraan dan standarisasi.

Komentar