Usaha UMKM Yang Menjanjikan, Ini Kata Pendamping UMKM di Kota Cirebon

Usaha UMKM Yang Menjanjikan, Ini Kata Pendamping UMKM di Kota Cirebon
0 Komentar

Rangkaian kegiatan program UMKM Jabar Juara pada 2022 diantaranya adalah evaluasi pendamping dan koordinator kabupaten/ kota, koordinasi dengan dinas kabupaten/ kota dan Bank BJB.

Kick Off Program UMKM Juara, pendampingan UMKM, temu bisnis di 27 kabupaten kota, business to business off taker nasabah Bank BJB dengan UMKM Juara, gelar produk dan temu bisnis dan fasilitasi pameran luar negeri.

UMKM Jabar Juara Kota Cirebon pada tahun 2022 di Kota Cirebon memiliki 5 pendamping yang diantaranya memiliki latar belakang dari Praktisi wirausaha dan Akademisi dan 1 koordinator pendamping.

Baca Juga:Pengobatan Bekam Menurut Islam, Metode Klasik Yang Semakin DiminatiPangkas Rambut Panggilan Cirebon, Bisa Datang ke Rumah, Coba Yuk

Koordinator pendamping mendampingi ± 135 orang pelaku UMKM se- Kota Cirebon, diantaranya pelaku UMKM usaha makanan, minuman, kerajinan, craft, fashion, batik.

Pendamping UMKM Juara Kota Cirebon melakukan pendampingan usaha kepada UMKM agar naik kelas melalui program-programnya.

Produk-produk UMKM Juara kota Cirebon

UMKM Juara Kota Cirebon memiliki banyak produk, diantara ada olahan ikan bandeng, terasi bawang, produk makanan ringan, cemilan dan minuman olahan susu kurma, jahe, kopi, madu,  adapula craft kerajinan tangan yang unik dan estetik seperti kaos dengan tema Cirebon, masker, syal, aksesoris, batik.

Tujuan pendampingan

Program pendampingan UMKM Juara ini bertujuan agar pelaku UMKM bisa upgrade usaha nya yang awalnya tradisional menjadi modern seperti penggunaan digital marketing, upgrade peralatan dan perlengkapan yang awalnya tradisional menjadi menggunakan mesin yang bisa meningkatkan produksi.

Melakukan pelatihan bagaimana pencatatan keuangan yang benar, karena selama ini para UMKM tidak memperhatikan pencatatan keuangan sehingga mereka tidak tau berapa modal,omset dan keuntungan yang didapat.

Ada juga pelatihan tentang branding serta kemasan di mana produk-produk para pelaku UMKM yang sebelumnya hanya polos dan terkesan tidak menarik sudah mulai naik kelas dengan design kemasan yang menarik bagus dan pantas apabila produknya di jual di minimarket ataupun swalayan.

0 Komentar