Wah Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Dipermudah. Nadiem Rencanakan Tunjangan Guru Tak Sampai Makan Birokrasi yang Panjang

RADARCIRBON.ID- Guru yang telah mendapatkan sertifikat pendidik dari Kemdikbud. Nampaknya akan ada kabar bahagia perihal skema pencairan tunjangan profesi guru atau sertifikasi guru (TPG).

Skema pencairan sertifikasi guru atau TPG nampaknya akan lebih mempermudah para guru untuk memperolehnya.

Disampaikan Kemendikbud, jika skema pencairan TPG saat ini disalurkan dari pusat hingga guru penerima terdapat alur birokrasi yang lumayan panjang.

Baca juga: Tendik Harus Tau, Regulasi Terbaru Sertifikasi Guru 2023

Kemdikbud telah berupaya untuk merencanakan adanya perubahan terkait skema pencairan tunjangan sertifikasi guru atau TPG agar penyalurannya lebih dipermudah kepada guru yang berhak menerimanya.

Pada akhir tahun 2022, Mendikbudristek Nadiem Makarim telah membahas tentang rencananya untuk mengubah skema pencairan tunjangan guru di hadapan Kementerian PANRB.

Pembahasan tersebut dilaksanakan saat Rapat Bersama antara Kementerian PANRB dengan Kemdikbud yang membahas tentang reformasi birokrasi tematik.

Baca juga: Info Penting untuk Tendik, Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2023

Reformasi birokrasi tematik yaitu suatu strategi yang dilakukan untuk mempercepat dampak dan hasil dari capaian reformasi birokrasi.

Mentri Nadiem menilai bahwa terdapat hal krusial yang perlu dibahas dalam menerapkan reformasi birokrasi tematik pada bidang Pendidikan, salah satunya yaitu terkait pencairan tunjangan guru yang didalamnya terdapat tunjangan sertifikasi atau TPG. Tunjangan TPG kepada guru ialah dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Dana tunjangan didistribusikan kepada guru sebagai penerima termasuk guru bersertifikasi. Dana tunjangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada guru sebagai penerima termasuk guru sertifikasi langsung ditransfer ke rekening penerima.

Baca juga:TPG Bakal Dihapus, Tendik Wajib Tahu Skema Baru untuk Tunjangan Sertifikasi Guru 2023

Selain membahas tentang rencana perubahan pencairan tunjangan guru. Kemdikbud juga menyampaikan perihal upaya guna meningkatkan profesionalisme dosen, termasuk  dosen yang berstatus sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).(*).

Komentar