Wasit Final Piala AFF 2022 Vietnam vs Thailand Disorot, Salah Satunya dari Indonesia

RADARCIREBON.ID – Leg pertama final Piala AFF 2022 Vietnam vs Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1), mendapat sorotan lantaran pertandingan tersebut dipimpin wasit dari Korea Selatan Ko Hyung Jin.

Bukan hanya Ko Hyung Jin, dua hakim garis pada leg pertama final Piala AFF 2022 malam ini juga berasal dari Korea Selatan. Yakni Park Kyun Yong dan Kang Dong Ho. Sementara wasit keempat berasal dari Indonesia Thoriq Alkatiri.

Keputusan AFF memilih Ko Hyung Jin untuk leg pertama final Piala AFF 2022 mendapat kritikan dari legenda Thailand Piyapong Pue-on. Pasalnya pelatih Vietnam Park Hang Seo berasal dari Korea Selatan.

“Faktor paling penting dalam pertandingan ini adalah wasit. Dia juga orang Korea, sama seperti Park Gang Seo. AFF seharusnya tidak mengatur seperti ini. Kami punya keraguan mengenai keputusan ini,” ujar Piyapong dikutip dari Zing.

Baca Juga: Peluang Juara Piala AFF 2022 Milik Thailand, Unggul Selisih Gol Tandang

Meski mendapat sorotan cenderung negatif, namun Indonesia patut bangga lantaran ada wasit di final Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Thailand yang berasal dari Indonesia.

Dia adalah Thoriq Alkatari. Dia bertindak sebagai wasit keempat di partai final leg pertama pada Jumat 13 Januari 2023.

Diketahui, Thoriq lahir di Purwakarta 34 tahun silam. Dia mendapatkan licensi FIFA pada 2014 lalu.

Thoriq Alkatari memiliki sejumlah pengalaman wasit sepanjang musim 2022/2023. Ia menjadi wasit utama laga uji coba Internasional antara Laos vs Maldives.

Kemudian di Kualifikasi AFC U20 sebanyak dua kali. Dan wasit utama Liga 1 Indonesia sebanyak 7 kali. Tak hanya itu, dia juga menjadi wasit keempat sebanyak 21 kali pada musim ini.

Baca Juga: Tendik Swasta Bisa Ikut Sertifikasi Guru 2023, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Mulai dari Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Uji Coba Internasional, Liga Champion Asia (AFC Club), Piala Asia dan Kualifikasi Piala Asia U20.

Kemudian Piala AFF kelompok umur U19, U23 dan Piala AFF 2022. Lalu Piala Menpora dan Liga Indonesia.

Hingga babak Final Piala AFF 2022 gawang Timnas Vietnam masih perawan. Tidak ada satu tim pun yang mampu memasukan gol ke dalam gawang yang dijaga Dang Van Lam.

Komentar