INDRAMAYU- Keberadaan Badan Usaha
Milik Masyarakat (BUMMas) Solot Berkah, Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan berhasil
menarik perhatian Daarut Tauhid (DT) Berdaya Bandung. Memiliki produk ecobrick dan pedesan
entog beku yang diterima pasar luar daerah, BUMMas Solot Berkah berhasil
membuat DT Berdaya Bandung penasaran. DT Berdaya Bandung penasaran dan ingin melihat langsung kegiatan bidang usaha yang dilakukan BUMMas.
Pengurus Daarut Tauhid Berdaya
Bandung, Dadang mengaku
penasaran dengan BUMMas Solot Berkah yang dikelola masyarakat dan berhasi
memiliki produk unggulan. BUMMas Solot Berkah dirasa bisa mengangkat
perekonomian masyarakat sekitar dan mengolah
sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.
“Kami ingin melihat
secara langsung aktivitas di BUMMas Solot Berkah yang bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk
lebih mandiri, masyarakat yang produktif, apalagi dalam kegiatannya juga
mengikut sertakan para lansia,” ujarnya.
Baca Juga:Kapolres Klarifikasi Video Bencana CinyiruDiterjang Angin Kencang, Tujuh Rumah Rusak
Tujuan dari kunjungannya, dikatakan
Dadang tidak lain pihaknya ingin studi banding tentang program pemberdayaan masyarakat. Ia merasa kagum karena BUMMas
Solot Berkah benar-benar memberdayakan para lansia di desa.
Sehingga di usia
senjanya, para lansia masih tetap memiliki semangat untuk
terus produktif.
Selain itu, tim pengurus DT Berdaya
Bandung juga ingin mengetahui bagaimana proses produksi dari sampah botol dan
plastik menjadi kursi Ecobrick yang mempunyai harga yang lumayan tinggi. Termasuk juga proses merintis
usaha sehingga para lansia bisa mandiri dengan mempunyai
usaha dan penghasilan
“Saya sangat senang bisa berkesempatan
melihat langsung bagaimana proses produksi kursi Ecobrick oleh para lansia. Semoga usahanya
tambah lancar dan sukses,” terangnya.
Sementara itu, Pengawas BUMMas Solot Berkah, Lastri mengungkapkan kunjungan dari DT Berdaya
merupakan suatu kebanggan.
“Sangat apresiasi pada DT
Berdaya Bandung yang datang melihat proses kegiatan kami, bisa saling sharing tentang bidang
usaha, dan membuka jejaring dalam pemasaran produk. Sehingga kehadiran
produk kami bisa laku keras di pasaran luar daerah,” ujarnya. (oni)