Dia berharap, sepeda tidak sekadar jadi lifestyle atau pilihan olahraga saja. Selain kesadaran masyarakat pada kesehatan, kesadaran pada lingkungan juga nampaknya meningkat. Sehingga sepeda adalah pilihan rasional sebagai transportasi di era new normal.
“Nah makanya ini perlu jalur khusus sepeda. Saya kira ini bukan cuma keinginan atau harapan saya, tapi doa dan harapan orang banyak untuk pemerintah membuat jalur khusus sepeda ini,” tukasnya.
Ketua Komunitas Sepeda Gojubar Donasi Lengko itu menambahkan, keberadaan sepeda di jalan raya kerap diremehkan. Terlebih menyoal urusan berbagi jalur antar sesama pengguna jalan. Dia merasa pengguna sepeda tidak dianggap keberadaannya.
Bahkan kerap dikesampingkan, dibanding kendaraaan-kendaraan yang memiliki laju lebih cepat. Hal itu, merata dialami pesepeda di seluruh Indonesia. “Mudah-mudahan para pengguna kendaraan mengerti. Jadi di jalanan, kita saling menghormati saja,” imbuhnya.
MENINGKATNYA PENGGUNA SEPEDA
Terus bertambahnya pengguna sepeda diakui mereka yang menekuni usaha jual beli. Salah satunya Sion Bike. Belakangan, ada peningkatan pembelian yang signifikan.
Pemilik Toko Sion Bike, Young Aripin mengungkapkan, setidaknya pasca lebaran penjualan sepeda terus meningkat hingga saat ini. “Kenaikkannya 20 hingga 50 persen. Banyak pembeli sepeda baru (pesepeda baru),” tuturnya.
Dengan pandemi yang ada, bersepeda menjadi alternatif olahraga bagi semua kalangan. Terbukti kini pembeli sepedanya lebih bervariatif seperti remaja, anak muda, hingga bapak-bapak dan ibu-ibu hingga lebih dari usia 30 ke atas. “Semua kalangan sekarang animonya tinggi untuk membeli sepeda,” jelasnya.
Untuk jenis sepeda yang paling banyak diminati saat ini yakni sepeda lipat, kemudian mountain bike (MTB) atau sepeda gunung. Untuk harga sepeda yang banyak diminati saat ini dibanderol mulai dari Rp2juta. “Jenis sepeda lainnya, fixie pun masih diminati oleh anak muda khususnya milenial,” ungkapnya.
Selain itu, para pesepeda saat ini pun sudah banyak yang melengkapi aksesoris dan produk keamanan seperti helm dan aksesoris lainnya seperti topi, sarung tangan, hingga baju. “Yang upgrade sepeda pun banyak meningkat. Bisa sampai lebih dari 5 customer yang upgrade sepeda setiap harinya,” tuturnya.