Panlih Wabup Belum Bekerja

Panlih Wabup Belum Bekerja
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana SE
0 Komentar

 
 
SUMBER – Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Cirebon sudah dibentuk. Sayangnya, panlih belum bisa bekerja terbentur agenda DPRD yang sudah terjadwal sebelumnya. Bimtek dan kunjungan ke luar daerah.
Meski demikian, partai pengusung tengah bersiap mengumumkan dua nama Calon Wakil Bupati (cawabup) ke publik. Waktunya, setelah musyawarah anak cabang (Musancab) PDIP tuntas digelar. Rencananya, pengumuman itu disampaikan minggu depan.
“Musancab tinggal 14 PAC PDIP lagi dari 40 PAC se-Kabupaten Cirebon. Jika itu selesai, dan kepengurusan PAC yang baru sudah terbentuk, baru kita umumkan nama cawabup yang direkomendasikan oleh DPP PDIP,” kata Bendahara DPC PDI Perjuangan, Rudiana SE, kepada Radar, kemarin (29/9).
Menurutnya, setelah rekomendasi itu diumumkan langkah selanjutnya menunggu panlih berkirim surat ke partai pengusung untuk menyerahkan nama cawabup yang akan dipilih di DPRD. “Nah, prediksinya minggu depan nama cawabup itu kita umumkan di internal DPC PDIP,” terangnya.
Rudiana yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon itu mengaku, rapat internal panlih sendiri belum dilakukan. Wajar saja, karena banyak agenda DPRD dibulan sekarang yang sudah terjadwal.
“Panlih kan rapat internal dulu. Kemudian, jadwal rapat panlih dimasukkan dalam pembahasan di badan musyawarah (Bamus). Setelah itu baru rapat Panlih dilanjut dengan menentukan pendaftaran berapa hari. Pun verifikasi berapa hari sampai waktu penetapan cawabup, dan pemilihannya,” paparnya.
Sementara itu, Sekretaris Panlih, Sofwan ST mengungkapkan, untuk saat ini panlih belum melakukan pembahasan apapun pasca dibentuk melalui rapat paripurna, Rabu (23/9) lalu. Bahkan, ia mengaku, belum mengetahui pasti kapan panlih mulai pembahasan untuk mengisi kekosongan E2. Kemungkinan, panlih mulai berjalan di bulan Oktober mendatang.
“Tapi saya tidak bisa berspekulasi lebih. Apalagi, pada struktural kepanitiaannya, ada pemilik kebijakan lebih, yakni ketua. Dan status tersebut, dipegang oleh Ketua Fraksi PDIP sendiri, yakni H Mustofa SH,” kata Politisi Partai Gerindra itu.
Terpisah, Ketua Ketua Panlih Wabup, H Mustofa SH menyampaikan, belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait panlih. Sebab, masih banyak agenda DPRD yang sudah terjadwalkan didalam bamus di bulan ini. Apalagi, pembahasan badan anggaran (banggar) RAPBD 2021 belum selesai. Masih bentuk KUA/PPAS. “Nanti kita liat jadwal lebih lanjut,” singkatnya. (sam)

0 Komentar