Dari Event Kuningan Young Koi Show 2020

Ikan-Koi
DINILAI: Dewan juri tengah melakukan penilaian terhadap ikan koi peserta kontes Kuningan Young Koi Show 2020 di GOR Ewangga, kemarin (29/11). Foto: M Taufik/Radar Kuningan
0 Komentar

Kuningan Young Koi Show 2020 sukses digelar, Minggu (29/11). Ini terlihat dari antusias dan membeludaknya peserta kontes ikan hias tersebut. Seperti apa event perdana yang digelar di GOR Ewangga itu?

M TAUFIK, Kuningan
Pada puncak acara kemarin, dewan juri melakukan penilaian terhadap 1.539 ekor ikan koi dari berbagai daerah di Indonesia. Sekaligus diumumkan juaranya. Hadir dalam acara penutupan tersebut Bupati Kuningan Acep Purnama melihat langsung ikan-ikan juara sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang.
Ketua panitia Kuningan Young Koi Show 2020 D Ferdiana mengatakan, acara kontes ikan hias asal negeri Sakura yang digelar sejak tanggal 28 November tersebut diikuti oleh pencinta koi dari berbagai daerah se-Pulau Jawa saja. Selain dari wilayah Ciayumajakuning, ada juga dari Jakarta, Bandung, Semarang, Solo hingga Surabaya.
“Karena kondisi pandemi, kami hanya membatasi peserta hanya 100 orang saja, namun dibebaskan membawa sebanyak-banyaknya koi koleksi mereka. Oleh karena itu, tercatat jumlah ikan koi yang ikut kontes sebanyak 1.539 ekor dengan jenis dan ukuran beragam,” ungkap Ferdi.
Lebih lanjut dikatakan Ferdi, Young Koi Show merupakan event kontes ikan koi yang didukung komunitas pembudidaya, penjual dan penghobi dari berbagai wilayah yang tersebar seluruh Indonesia. Dengan semangat kebersamaan, kesederhanaan dan persaudaraan berharap bisa dijadikan ajang silaturahmi antar pembudidaya, penjual, penghobi ikan koi di seluruh penjuru Tanah Air sebagai barometer perkembangan kualitas ikan koi di Indonesia.
Ferdi menjelaskan, tujuan acara ini adalah untuk saling mengeratkan tali persaudaraan sesama pembudidaya, seller, penghobi dari berbagai penjuru Tanah Air. Meningkatkan persatuan dan persahabatan serta sebagai ajang silaturahi antara stakeholder ikan hias koi di Indonesia, menjadi salah satu pilihan atau tambahan mata pencaharian dalam rangka mengurangi pengangguran terlebih kepada yang terkena dampak pandemi Covid-19.
“Sekaligus untuk mengembangkan minat masyarakat untuk memelihara ikan koi, serta mengejar kesetaraan dengan negara Jepang sebagai salah satu negara penghasil ikan koi dengan kualitas yang sangat layak diperhitungkan,” katanya.
Ferdi juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada Bupati Kuningan karena di sela-sela kesibukan telah menyempatkan hadir pada acara penutupan Kuningan Young Koi Show 2020, sehingga menambah motivasi untuk terus mengembangkan budidaya ikan koi di Kabupaten Kuningan.

0 Komentar