Pilwu Digelar Tahun ini, Apa Yang Disiapkan

Kepala-DPMD-Cirebon
Kepala DPMD Kabupaten Cirebon Drs Erus Rusmana Msi
0 Komentar

CIREBON, CIREBON.ID –   Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar rapat tingkat Kabupaten Cirebon, hari ini ( 18/1).

Rapat ini melibatkan semua pihak di tingkat Kabupaten Cirebon, seperti Polresta, Kejaksaan Negeri  Sumber dan KPUD.

Pembahasan utama dalam rapat tersebut terkait pelaksanaan Pemilihan Kuwu (PIlwu) serempak tahun 2023 ini.

Baca Juga:Inilah Pengurus Forjakon Kabupaten CirebonJangan Keliru, Soal Hukuman Seumur Hidup?

Hal ini, menindaklanjuti adanya surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor : 100.3.5.5/244/SJ tertanggal 14 Januari 2023, tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa pada masa pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

Kepala DPMD Drs Erus Rusmana MSi melalui Kepala Bidang Administrasi dan Pemerintahan Desa DPMD Aditya Arif Maulana mengatakan,  Pilwu serentak akan di gelar di tahun 2023, dengan pelaksanakan sebalum tanggal 1 Nopember 2023. Rambu-rambu ini berdasarkan surat edaran dari Kemendagri.

“Tadi dalam rapat banyak dibicarakan soal teknis pelaksanaan pilwu, termasuk mengenai regulasi peraturan bupati atau perbup yang diterbitkan tahun 2021,” jelasnya.

Kata dia, Pemkab Cirebon sudah ada payung hukum soal pilwu serentak. Namun, tentunya ini akan disesuaikan lagi, terutama hal teknis seperti apakah TPS nanti ada di masing-masing dusun dengan ketentuan satu TPS untuk 500 hak pilih.

Atau dikembalikan seperti dulu lagi, sebelum pandemi, dimana TPS semuanya dipusatkan di balai desa.

Nanti juga, kata dia kita akan konsultasi kembali soal teknis pelaksanaan Pilwu serentak ini. Bisa jadi nanti, ada petunjuk teknis dari Kemendagri. Perkiraan, Pilwu serentak bisa digelar bulan September atau Oktober 2023 ini.

Ditambahkan, Pemkab Cirebon sendiri sudah menganggarkan sebanyak 19 milyar untuk kegiatan Pilwu, dengan jumlah kuwu yang habis masa kerjanya sebanyak 100 desa.

Baca Juga:Dapat Dana Hibah, Ini yang Dikerjakan BPSK Kabupaten Cirebon?Kok, Sudah Muncul Prediksi Hasil Open Bidding?

“Insya Allah kita siap menggelar Pilwu serentak tahun ini, tahapan akan segera di mulai sambil membenahi aturan. Minta doanya saja kepada semuanya, agar pelaksanaan Pilwu ini berjalan dengan lancar” tegasnya.

Menurutnya, secara umum  pelaksanaan Pilwu serentak tahun 2023 ini  tidak akan berbeda jauh dengan pelaksaan Pilwu  sebelumnya, seperti tahapan  sosialisasi, dan juga pembekalan bagi para panitia Pilwu.**

0 Komentar