Terus Koordinasi, Polresta Cirebon Siap Amankan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024

polresta-cirebon
Kapolresta Cirebon menyatakan siap melakukan pengamanan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024. Foto: Cecep Nacepi/Radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Jajaran Polresta Cirebon menyatakan sudah siap melakukan pengamanan Pilwu 2023 dan Pemilu 2024.

Kesiapan itu pengamanan Pemilu 2024 dan Pilwu 2023, ditunjukkan oleh Polresta Cirebon dengan terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

Selain dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon  yang menggelar Pemilu 2024. Polresta Cirebon juga berkoordinasi dengan DPMD Kabupaten Cirebon yang bertanggung jawab dengan Pilwu 2023.

Baca Juga:70 Persen Warga Kabupaten Cirebon Dispensasi Nikah karena Pergaulan BebasIni 3 Alasan Satpol PP Masih Belum Tertibkan Bangunan Liar di Astanajapura

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman menyampaikan, untuk persiapan pemilu sendiri, sudah dilakukan oleh KPU dengan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk tahapan Pemilu 2024, kita terus berkoordinasi dengan KPU. Termasuk Pilwu, kita koordinasi terus dengan DPMD, supaya penjadwalan kontestasi itu tidak berbarengan dengan Pemilu,” papar Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman.

Diketahui, Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menyebutkan  Pemilihan Kuwu (Pilwu) bisa digelar sebelum tanggal 1 November 2023.

Seusai catatan DPMD,  pemilihan kepala desa (kuwu) di Kabupaten Cirebon akan diikuti  100 desa yang  masa jabatan kuwu sudah habis di tahun 2023.

“Ada 100 kuwu yang akan melaksanakan kotentestasi di tahun 2023 ini. Secara umum langkah persiapan dan pengelolaan sudah berjalanan. Tinggal nanti kita masuk langkah pengamanan apabila sudah masuk ke dalam tahap signifikan dalam kotentestasi Pilwu,” jelasnya.

Untuk menjaga kerawanan kamtibmas sendiri, lanjutnya, Polresta Cirebon melakukan operasi dialogis kepada masyarakat, yakni dengan melakukan pendekatan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

0 Komentar