Kata Psikolog Childfree Merupakan Sebuah Pilihan

Kata Psikolog Childfree Merupakan Sebuah Pilihan
Ilustrasi Childfree. Foto: Istimewa.
0 Komentar

RADARCIREBON.ID- Childfree merupakan istilah yang mengacu pada seseorang yang tak memiliki anak, baik biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang telah memilih untuk tak memiliki anak, namun bisa juga untuk mereka yang tak bisa memiliki anak.

Dikutip dari Fertility Smart, istilah childfree sering digunakan secara bergantian dengan istilah childless. Namun, penting untuk diketahui bahwa kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.

“Orang kan suka bilang, ‘Mungkin dia masa kecilnya trauma’. Kalau menurut saya, belum tentu, ya. Banyak juga, kok, orang-orang yang trauma terus malah punya anak,” kata Rosdiana dikutip dari Antara.

Baca Juga:Tips Sukses Cari Jodoh di Hari Valentine Lewat AplikasiResmi, Kereta Api Sedang Buka Lowongan Pekerjaan. Simak Penjelasannya

Rosdiana mencontohkan, bagi orang yang berjiwa bebas dan senang bepergian, dia mungkin akan menimbang berkali-kali sebab jika memiliki anak dia tidak akan begitu leluasa dan tentu harus mengemban tanggung jawab untuk mengurus anak.

Contoh lainnya seseorang mungkin memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan ketika masih kecil dan merasa lebih baik untuk tidak memiliki anak setelah menikah. Ada juga orang yang menyadari bahwa dia belum siap untuk memiliki anak, baik dari segi materi, fisik, maupun mental.

Jika seseorang memang belum siap memiliki anak, Rosdiana menilai alangkah baik ketika dia mengaku tidak siap dan memutuskan untuk sementara waktu tidak punya anak.

0 Komentar