Banjir di 6 Desa Kabupaten Indramayu Surut, Sisakan Lumpur dan Sampah

banjir-surut
Satlak PBA Kecamatan Sukra dan jaran pemdes memonitor kondisi banjir yang melanda tiga desa, Sabtu (11/2). Banjir akibat hujan tinggi sudah surut. Foto: Kholil Ibrahim/Radarcirebon.id
0 Komentar

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID –Bencana banjir yang menerjang enam desa di wilayah barat pantura Kabupaten Indramayu akhirnya surut, Senin (13/2/2023).

Bukannya bersantai. Penduduk yang menjadi korban terdampak banjir di wilayah Kecamatan Patrol dan Sukra justru kembali dibuat repot.

Pasalnya, banjir meninggalkan lumpur dan sampah yang mengotori rumah-rumah warga, fasilitas publik maupun permukiman penduduk. Merekapun ramai-ramai mengadakan aksi kerja bakti.

Baca Juga:Jadwal Sholat untuk Kabupaten Cirebon, Selasa 14 Februari 2023Jadwal Sholat untuk Kota Cirebon, Selasa 14 Februari 2023

“Dari semalam bersih-bersih rumah. Pagi sampai siang giliran kerja bakti bebersih lingkungan,” ucap Heri warga Desa Bugel, Kecamatan Patrol.

Pasca banjir, lanjut dia, aktivitas masyarakat kembali normal. Anak-anakpun bisa tetap berangkat ke sekolah maupun madrasah. Para manula yang sebelumnya mengungsi, kini sudah kembali kekediamannya masing-masing.

“Kali Bugel juga terpantau surut. Tapi kami tetap waspada, diperkirakan masih ada potensi hujan deras turun lagi,” katanya.

Surutnya genangan air juga terpantau di tiga desa di wilayah Kecamatan Sukra yang sehari sebelumnya diterjang banjir. Yakni Desa Bogor, Sukra dan Sukra Wetan. Tersisa genangan air di sejumlah tempat yang lokasinya rendah.

Satlak PBA Kecamatan Sukra memastikan, masyarakat diketiga desa bertetangga itu sudah bisa beraktivitas seperti biasanya.

Tidak terjadi lonjakan pasien warga korban terdampak banjir yang berobat ke UPTD maupun Puskesmas Pembantu.

“Alhamdulillah sudah surut semua. Gak ada lonjakan pasien di Puskesmas,” Camat Sukra, Dadang Rusyanto didampingi Kasi Trantib, Wawan Supriyadi.

Baca Juga:Sidak Pasar saat Mubeng, Bupati Imron Gelar Operasi Pasar untuk Tekan InflasiPantarlih Pemilu 2024 di Indramayu Dilantik di Tengah Kepungan Banjir

Diberitakan sebelumnya, hujan deras dengan intensitas tinggi, mengguyur Bumi Wiralodra sepanjang Jumat malam dan Sabtu pagi (10-11/2) membuat 6 desa terendam banjir.

Di wilayah barat Kabupaten Indramayu, 3 desa pada wilayah Kecamatan Sukra dilaporkan dilanda banjir. Ketiga desa itu yakni Desa Bogor, Sukra Wetan dan Sukra.

Banjir di Desa Bogor menimpa pemukiman penduduk di Blok Sukamaju terdampak meluapnya Kali Sewo menyebabkan puluhan rumah warga serta akses jalan terendam air dengan ketinggian air bervariatif.

0 Komentar