Rawan Konflik Kepentingan, ASN dan Pemilih Pemula di Cirebon Jadi Sasaran Pendidikan Politik

pemilu 2024
Tahapan kampanye Pilpres 2024 akan dimulai pada 28 November 2023. Foto: IST.
0 Komentar

Sedangkan, untuk ASN, semuanya pasti tahu tentang hak kewajiban serta larangan bagi ASN di pemilu. Pendidikan politik nanti, sekaligus mengingatkan kembali para ASN tentang hak kewajiban dan larangan bagi ASN di pemilu.

“Tentunya pemilih pemula dan ASN ini menjadi prioritas kami dalam mengadakan pendidikan politik. Bagi pemilihan pemula harus bijak memilih calon. Untuk ASN ya harus netral,” tuturnya.

Subkordinator Pembinaan Politik Kesbangpol Kota Cirebon, Ade Budiyanto, menambahkan, di pemilu nanti cukup berpotensi akan adanha ASN yang ditarik-tarik dalam politik praktis, baik itu secara terang-terangan maupun terselubung.

Baca Juga:65 Tahun PDAM Kota Cirebon, Opang Bicara soal Tingkat Kebocoran AirIngin Lolos Jadi Caleg PKB Kota Cirebon, Dites Ini Dulu

“Walaupun semua ASN pasti tahu larangan ini, tapi pasti ada tindakan senyap semacam ini. Makanya, perlu direfresh lagi semangat dan pemahaman netralitas ASN ini. Karena sanksinya cukup berat jika ASN terbukti melanggar,” ungkapnya.

Pendidikan politik untuk pemilih pemula, pihaknya akan menjalin kerjasama dan koordinasi dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jawa Barat.

“Pemilihan pemula ini mayoritas para pelajar tingkat SLTA, kami akan koordinasi dengan KCD Dinas Pendidikan Jabar X, untuk dapat mengedukasi para pelajar,” imbuhnya. (azs)

0 Komentar