Hipotermia Menjadi Penyebab Mahasiswa Unsoed Meninggal di Gunung Slamet, Catat 7 Gejala dan 9 Cara Mengatasinya

mahasiswa unsoed meninggal di gunung slamet
hipotermia penyebab meninggalnya mahasiswa unsoed meninggal di gunung slamet/radarcirebon.id
0 Komentar

RADARCIREBON.ID- Kabar mahasiswa Unsoed meninggal dunia di Gunung Slamet sempat menjadi berita hangat bahkan tranding topik di berbagai media.

Kematian mahasiswa tersebut dikarenakan terkena hipotermia, karena saat itu cuaca di Gunung Slamet kurang bersahabat.

Meninggalnya mahasiswa Unsoed membuat banyak pertanyaan yang terlintas apa yang menjadi penyebab kematiannya. Oleh karenanya simak berikut ini apa itu hipotermia, penyebab dan cara mengatasinya.

Baca Juga:6 Tips Mengatasi Gejala Flu, Salah Satunya Dengan Minum Kopi, Ini Caranya5 Kuliner Terenak di Kuningan, Paling Hits, Melegenda dan Tidak Membuat Kantong Bolong

Hipotermia merupakan masalah yang serius dan sangat menakutkan bagi para pecinta kegiatan alam bebas termasuk pendaki gunung.

Meninggalnya Mahasiswa Unsoed di Gunung Slamet

Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh seseorang turun drastis dan tidak dapat dipertahankan. Tubuh kesulitan mengatasi kesimbangan dikarenakan tekanan udara yang terlalu dingin.

Akibatnya suhu inti tubuh turun dibawah 35 derajat Celcius sehingga menyebabkan terjadinya gangguan otot dan fungsi otak. Suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36,5-37,3°C.

Hipotermia yang sering kali menyerang para pendaki gunung disebabkan oleh paparan cuaca yang sangat dingin ditambah lagi kondisi fisik yang lelah, karena asupan makan yang kurang dan kurangnya istirahat.

Ketika terjadi penurunan suhu tubuh yang begitu cepat menjadikan fungsi jantung dan organ vital lainnya gagal berfungsi, jika hal ini tidak ditangani sesegera mungkin maka jantung akan berhenti dan bisa terjadi kematian.

Gejala Hipotermia

Untuk memastikan terjadinya paparan hipotermia cek gejala apa saja yang terjadi, agar tepat dalam mengatasi dan penanganannya.

Berikut gejala hipotermia yang terjadi pada seseorang;

1. Menggigil terus menerus, karena terjadi penurunan suhu tubuh

2. Gejala berikutnya wajah pucat, jari jemari dan kaki kaku, bibir berubah membiru

3. Konsentrasi mulai berkurang seperti orang bingung.

Baca Juga:Dilarang Meludah Sembarangan, Inilah 6 Penyakit Yang Bisa DitularkanGak Nahan Nikmatnya Nasi Kasreng Makanan Enak di Kuningan Jawa Barat, Ga Cukup 1 Bungkus ‘Nambah Deui Mang’

4. Tubuh terlihat lemas, napas pelan dan pendek, karena kesulitan untuk bernafas

5. Denyut jantung lemah tidak teratur

6. Selanjut terjadi penurunan kesadaran

0 Komentar