SIMAK DISINI! 9 Cara Membedakan Uang Asli dan Palsu dengan Mudah

Bonus Rp2,525 Miliar dari Pemkab Majalengka Cair, Langsung Ditransfer ke Rekening Atlet dan Pelatih
Bonus Rp2,525 Miliar dari Pemkab Majalengka Cair, Langsung Ditransfer ke Rekening Atlet dan Pelatih
0 Komentar

7. Tekstur uang

Cara membedakan uang asli dan palsu bisa dilakukan dengan mengamati tekstur uang. Tekstur uang palsu akan lebih rapuh dan mudah lecek jika dibandingkan dengan uang Rupiah asli. Selain itu, tekstur uang asli juga lebih kasar pada permukaannya terutama pada bagian seperti nominal, tulisan NKRI, dan sisi lainnya.

8. Penggunaan bahan baku

Bahan baku uang kertas Rupiah adalah serat kapas yang sulit diimitasi. Oleh sebab itu, jika Anda jeli, Anda akan segera mengetahui ciri-ciri uang palsu melalui perbedaan bahannya.

9. Dengan metode 3D

Sebenarnya terdapat cara membedakan uang asli dan palsu yang lebih mudah, yakni dengan metode 3D. Kepanjangan dari 3D adalah Dilihat, Diraba, Diterawang. Berikut penjelasannya.

• Dilihat

Baca Juga:AUTO TAJIR! 10 Uang Kuno Termahal di Dunia, Harganya Milyaran RupiahSIMAK DISINI! 6 Periode Sejarah Lahirnya Uang Dalam Peradaban Manusia

Anda harus melihat uang Rupiah secara langsung untuk memastikan benang pengaman pada uang kertas berpendar ketika terkena sinar matahari. Dari pengamatan langsung pun Anda bisa mengetahui apakah desain uang memiliki perbedaan dari kebanyakan uang yang beredar.

• Diraba

Cara membedakan uang asli dan palsu selanjutnya adalah dengan merabanya secara langsung. Serat kapas sebagai material penyusun uang akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan uang palsu.

Selain itu, Anda akan merasakan tekstur yang berbeda pada bagian gambar, nominal, lambang negara serta pada tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

• Diterawang

Terawang uang di bawah sinar matahari langsung sebagai cara membedakan uang asli dan palsu. Ciri-ciri uang palsu akan segera terlihat karena tidak adanya gambar tokoh pahlawan atau gambar tersebut memiliki perbedaan signifikan dengan uang Rupiah.

Demikian ulasan mengenai 9 cara membedakan uang asli dan palsu dengan mudah, agar kita terhindar dari para pelaku tindak kriminal kasus penipuan uang palsu.

0 Komentar