SIMAK DISINI! Anjuran Membayar Zakat di Bulan Sya’ban

Anjuran Membayar  Zakat di Bulan Sya'ban
Anjuran Membayar Zakat di Bulan Sya'ban. Foto : Istimewa - radarcirebon.id
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Anjuran membayar zakat di bulan Sya’ban, agar pada saat datang bulan Ramadhan yang penuh berkah kita dapat fokus untuk beribadah.

Sehingga pada bulan Ramadhan kita tidak usah lagi memikirkan zakat yang akan kita keluarkan. Kita sebagai seorang muslim hendaknya benar-benar fokus untuk melakukan ibadah dan menebar kebaikan kepada sesama manusia.

Oleh sebab itu menurut Ustadz Raenahul Bahraen حفظه الله melalui laman Muslim.Or.Id, salah satu cara menebar kebaikan adalah berusaha membayar zakat di bulan Sya’ban apabila memungkinkan.

Baca Juga:CATAT! Rekomendasi Mudik Naik Bus dari Jakarta ke MajalengkaAUTO NGACIR! Inilah 4 Uang Kertas Kuno Yang Di Cari Kolektor, Bisa di Tukar Motor Baru

Anjuran Membayar Zakat di Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban adalah tepat satu bulan sebelum Ramadhan, tujuan utamanya adalah agar orang miskin dan lemah bisa menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tanpa harus terlalu pusing atau merasa susah dengan mencari makanan di bulan Ramadhan. Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan,

روي عن بعض السلف أنهم كانوا إذا دخل شعبان أخرجوا زكاة أموالهم تقوية للضعيف والمسكين على صيام رمضان

“Diriwayatkan bahwa sebagian salaf mengeluarkan zakat harta mereka di bulan Sya’ban dengan tujuan agar kaum miskin dan dhu’afa mampu menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.” Fathul Baari 13/311

Zakat harta atau zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan setiap tahun, sehingga apabila harta kita terus di atas nishab, maka kita bisa rutin mengeluarkan zakat tepat di bulan Sya’ban setiap tahun.

Dari ‘Aisyah, beliau berkata

ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﻻَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﻓِﻲْ ﻣَﺎﻝٍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺤُﻮْﻝَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﺤَﻮْﻝُ

“Aku telah mendengar Rasulullah bersabda, “Tidak ada zakat pada harta sampai harta itu berlalu setahun lamanya.” HR. Ibnu Majah, shahih.

Perhatikan bagaimana para ulama dan orang shalih sebelum kita yang benar-benar perhatian dengan orang miskin dan lemah.

Orang miskin dalam keseharian mereka terkadang waktu habis untuk mencari uang untuk sekedar bisa makan dan menyambung hidup.

Baca Juga:AYO BORONG! Update Harga Emas Hari Ini Sedang TurunCEK DISINI! Jadwal Hari Pasaran di Pusat Sandang Tegalgubug Cirebon

Dengan adanya zakat dan sedekah di bulan sya’ban dan Ramadhan, diharapkan mereka bisa fokus puasa dan fokus beribadah di bulan Ramadhan.

Memperhatikan orang miskin dan lemah adalah sebab turunnya pertolongan Allah bagi kita.

0 Komentar