Bikin Penasaran, Universitas di Jawa Barat Ada Berapa? Yuk Cek Infonya

Perguruan Tinggi di Jawa Barat
Perguruan Tinggi di Jawa Barat Foto: FIB UI/Radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Mungkin sebagian dari kalian masih bertanya-tanya sebenarnya ada berapa universitas di Jawa Barat? Khususnya, bagi kamu yang merupakan warga asli Jawa Barat tentu memiliki pertanyaan yang serupa. Ada berapa sih sebenarnya kampus-kampus di Jawa Barat itu?

Sudah barang tentu tidak sedikit universitas yang ada di Jawa Barat baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Berdasarkan laporan statistik Indonesia periode terbit 2023 bahwa pada tahun 2022 perguruan tinggi di Jawa Barat terhitung ada sebanyak 557 kampus baik yang berada dibawah Kemendikbudristek maupun Kementrian Agama. Data tersebut juga menunjukkan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi paling banyak memiliki fasilitas pendidikan perguruan tinggi.

Baca Juga:Inilah Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Barat, Calon Mahasiswa Harus Tahu!Anak Berbakti, Harus Tahu Doa Ziarah Kubur Untuk Orang Tua

Dari jumlah keseluruhan perguruan tinggi tersebut, 15 merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) dan sisanya adalah lembaga perguruan tinggi swasta (PTS).

Jadi, bagi Anda warga Jawa Barat sebetulnya tidak perlu jauh-jauh kuliah di daerah lain. Sebab, ada banyak kampus-kampus di Jawa Barat yang bisa jadi tujuan kamu menimba ilmu.

Apalagi ada banyak universitas yang secara kualitas bagus dan biaya nya juga terjangkau. Salah satu keuntungan tersendiri bagi kamu yang ingin kuliah karena selain banyaknya pilihan, biaya pendidikannya pun cukup terbilang murah.

15 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Barat

1. Institut Teknologi Bandung

Siapa kiranya yang tak kenal dengan universitas satu ini. Universitas yang telah banyak melahirkan para insinyur ini telah berdiri sejak zaman kolonialisme Belanda.

Sebagai kampus favorit tentu tidak sembarang calon mahasiswa yang bisa lulus masuk ke ITB ini.

Bagi kamu yang berencana menjadi sarjana pertanian, boleh memulai untuk merencanakan masuk ke universitas satu ini.

0 Komentar