Ini 5 Amal Kebaikan Di Bulan Ramadhan Menurut Sunnah Rasulullah SAW

amal kebaikan
Sedekah menjadi amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah. Foto: Dompet Dhuafa-RADARCIREBON.ID
0 Komentar

 3 Menjaga Lisan

Lebih menjaga lisan akan mencegah dari timbulnya dosa. Perkataan yang kurang baik bisa saja menyakiti hati seseorang dan itu akan mengurangi pahala berpuasa.

Maka dengan menjaga lisan dan terus berkata yang baik akan menjadi suatu kebiasaan yang baik pula. Misalnya kita menghindari gibah. Nah, saat-saat ini perlu memperbanyak berdzikir sebagai ladang pahala yang bisa didapatkan saat puasa.

Ada banyak macam sedekah yang bisa dilakukan bukan hanya berbentuk uang, bisa dengan sedekah makanan, sedekah barang atau benda, sedekah usaha yang bisa membantu orang lain, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:30 Ide Nama Yang Baik Bayi Laki-Laki Dan Perempuan Lahir Di Bulan RamadhanPenetapan 1 Ramadhan 1444 H Melalui Rangkaian Sidang Isbat Mulai Sore Ini

Dalam hadits Ibnu Abbas r.a disebutkan : “Rasulullallah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawannannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Quran” (HR. Al-Bukhari)

5 Fokus Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

10 hari terakhir Ramadhan pada malam ganjil merupakan diturunkannya Al-Quran atau disebut sebagai malam Lailatul Qadar, pada malam ini banyak melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala dan lebih baik dari 1000 bulan, salah satu caranya bsia dengan berdzikir.

Pada malam ini menjadi malam yang ditunggu-tunggu semua umat Islam agar mendapatkan malam Lailatul Qadar. Keadaaan udara yang sejuk dan kpenuh ketentraman menjasi salah satu ciri-cirinya.

Itulah 5 amal kebaikan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan di bulan Ramadhan dengan mengharap ridha Allah SWT. (*)

0 Komentar