5. Komunikasi Organisasi Menurut Arnold & Feldman
Arnold serta Feldman juga mengemukakan definisi tentang komunikasi organisasi. Arnold serta Feldman mengatakan definisi komunikasi organisasi yang lebih sederhana.
Mereka menyebutkan bahwa komunikasi organisasi ialah suatu proses pertukaran berita di antara orang-orang yang ada di dalam sebuah organisasi.
Yang melalui proses atau tahapan secara umum mencakup tahapan-tahapan: attention (atensi), comprehension (komprehensi), acceptance Alaihi Salam true (penerimaan menjadi sebuah kebenaran), dan retention (retensi atau penyimpanan).
Baca Juga:Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya7 Keutamaan Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan
Dengan kata lain, bagi Ludlow, komunikasi organisasi merupakan suatu bentuk program komunikasi perusahaan, yang dikaji pada pada bidang PR.
7. Komunikasi Organisasi Menurut Frank Jefkins
Frank Jefkins pula mendefinisikan komunikasi organisasi. Menurutnya, komunikasi organisasi merupakan suatu bentuk komunikasi yang direncanakan antara sebuah organisasi dengan publiknya atau warga luas daerah dia berada untuk mencapai tujuan tertentu.
Dari pengertian ini, maka yang dianggap menjadi sebuah pelaku komunikasi organisasi artinya organisasi menjadi sebuah institusi, yang berarti dianggap sebagai satu kesatuan pihak yang sedang berhadapan dengan sasaran komunikasi tertentu yg berada pada luar dirinya.
Menurutnya interaksi atau komunikasi antar anggota organisasi, hubungan antar anggota dengan pemimpin, dapat disimpulkan bukan ialah suatu komunikasi organisasi.
8. Komunikasi Organisasi Menurut Wiryanto
Pengertian komunikasi lainnya disebutkan sang Wiryanto. berdasarkan Wiryanto, komunikasi organisasi merupakan sebuah proses penyampaian serta penerimaan pesan dalam sebuah organisasi eksklusif.
Pengertian ini agaknya senada dengan pengertian berasal Devito bahwa komunikasi organisasi terjadi pada pada sebuah organisasi itu sendiri.
9. Komunikasi Organisasi Menurut Zelko dan Dance
Zelko dan Dance menyatakan, komunikasi organisasi merupakan sebuah sistem yang saling berkaitan. Komunikasi organisasi terdiri asal komunikasi eksternal serta internal organisasi, yang berarti sasaran atau komunikan dari komunikasi ini tidak harus datang asal dari internal organisasi tadi.