Biasanya lingkungan dapat dibedakan menjadi lingkungan internal, yaitu; karyawan, staf, golongan fungsional dari organisasi, dan komponen organisasi lain seperti tujuan, produk, dan lain sebagainya.
Sedangkan eksternal di antaranya pelanggan, pesaing, dan teknologi.
Manfaat Komunikasi Organisasi
Setelah mengetahui dengan lengkap tentang Komunikasi Organisasi, inilahy beberapa manfaat dari komunikasi organisasi:
Pertama, dengan mengetahui teori komunikasi organisasi, maka sebagai seorang individu yang hidup dalam lingkungan atau kelompok organisasi tertentu dapat memahami posisi kita dalam organisasi atau kelompok tersebut.
Baca Juga:7 Keutamaan Khatam Al-Qur’an di Bulan RamadhanBerbagai Contoh Surat Undangan Rapat Bahasa Inggris Lengkap dan Simple
Kedua, pemahaman mengenai komunikasi organisasi dapat memperkuat hubungan antar anggota dan pimpinan organisasi. Sehingga umur organisasi dapat bertahan lebih lama dan akan tumbuh rasa ingin menjaga serta merawat organisasi tersebut.
Ketiga, mempermudah tercapainya tujuan organisasi. Hal ini dikarenakan terbentuknya komunikasi yang baik, sehingga antar anggota dan setiap pimpinan unit memahami perbedaan pendapat yang hadir dalam setiap diskusi pada organisasi tersebut.
Demikian pembahasan tentang ‘Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya’ semoga bermanfaat.