Minat Baca di Perpustakaan Daerah Cirebon Berkurang 50 Persen saat Ramadhan

minat-baca
Suasana Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon didatangi pengunjung. Saat Ramadhan minat baca turun hingga 50 persen. Foto: Cecep Nacepi/Radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID-Minat baca di Kantor Perpustakaan Daerah di Kabupaten Cirebon pada bulan Ramadhan ini turun setengahnya .

Penurunan minat baca itu diduga karena banyak masyarakat yang masih beradaptasi dengan ibadah puasa.

Sehingga, setelah melakukan aktivitas rutin mereka langsung pulang ke rumah dan istirahat.

Baca Juga:Ramai Perang Sarung di Cirebon, Ini Langkah Polresta CirebonSIMAK Jadwal SIM Keliling Kabupaten Cirebon Akhir Bulan Maret 2023

“Pada bulan Ramadhan ini, pengunjung yang datang hanya 50 orang. Beda dengan hari biasanya, bisa mencapai 100 orang lebih pengunjung yang datang,” kata Kepala Seksi Layanan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Harcan SSos, Rabu (29/3/2023).

Dijelaskan Harcan, pada awal Ramadhan pengunjung yang datang lumayan ramai. Dari pelajar SMP, dan SMA, serta mahasiswa. Itu pun karena sedang libur sekolah.

Sehingga, untuk mengisi waktu luang, mereka datang ke perpustakaan daerah. Setelah sekolah aktif kembali. Pengunjung pun berkurang setengahnya.

“Setelah sekolah aktif lagi, pengunjung berkurang. Mungkin mereka adaptasi dengan puasa, istirahat di rumah agar puasa kuat,” katanya.

Pantauan di lapangan, paling banyak pengunjung yang datang ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon adalah perempuan yang duduk di bangku SMA dan SMP.

Ada yang membaca buku, mengerjakan tugas, ada pula yang hanya duduk ngobrol dengan temannya sambil memanfaatkan WiFi.

Sementara mahasiswanya, biasanya datang hanya untuk mengerjakan tugas kuliah.

“Biasanya remaja perempuan baca novel. Kalau mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Disini, kita banyak buku,” ujarnya.

Baca Juga:Beda dengan Ramadhan 3 Tahun Lalu, Penjualan Pakaian di Pasar Tegalgubug LesuBEGAL Motor Bersenjata Api Takluk, 2 Pelaku Masih Diburu Polisi

Diakui Hacan, koleksi butuk di perpustakaan daerah Kabupaten Cireboon setiap tahun bertambah.

“Sayang kalau tidak dimanfaatkan, silakan masyarakat Kabupaten Cirebon datang dan manfaatkan perpustakaan daerah dengan baik. Koleksi buku kita banyak,” ujarnya.

Perlu diketahui, perpustakaan daerah ini buka pada hari Senin sampai Jumat. Pada bulan Ramaddan, mulai dari pukul 7.30 sampai 15.30.

Selain berbagai koleksi bukunya banyak, di perpustakaan juga disediakan WiFi yang digunakan untuk umum. Jadi, sangat cocok buat mahasiswa dan pelajar yang mengerjakan tugas.

0 Komentar