Uang Koin Emas Rp850 Ribu, Satu di Antara Uang Koin Kuno Diburu Kolektor dengan Harga Tinggi, Ini Deretannya

uang koin emas
Uang koin emas Rp850 ribu, satu di antara uang koin kuno diburu kolektor dengan harga tinggi, ini deretannya. Foto: IST-radarcirebon.id.
0 Komentar

4. Uang Koin Emas Rp850 Ribu

Koin yang satu ini dikeluarkan oleh B dalam rangka peringatan kemerdekaan RI ke-50. Bahan emas yang digunakan oleh koin ini berkadar 23 karat, berat 50 gram, diameter 35 mm, dan ketebalan 2,78 mm.

Jika diamati, pada bagian belakang bergambar Soeharto, yakni Presiden Ke 2 RI.

Uang kuno ini dilengkapi juga dengan logo DHN – 45 dan 50 bintang serta teks melingkar yang berbunyi LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA.

Baca Juga:Deretan Bangunan Bersejarah di Kawasan Kota Tua Cirebon, Nomor 6 Gereja Katolik Pertama di Jawa BaratLIBUR LEBARAN, Ini Harga Tiket Masuk Goa Sunyaragi, Tempat Wisata Populer di Cirebon

Masih pada uang kuno ini, ada lambang Garuda Pancasila. Yang tentu istimewa bahwa uang koin yang mengandung emas ini dicetak menggunakan Teknik proof.

Masih detail soal koin kuno ini, jika diamati dari samping maka tampak 5 garis di empat tempat berbeda, ada logo Perum Peruri, serta nomor seri yang terdiri dari 5 angka.

Ada yang bilang tak logis. Namun, disebutkan juga bahwa uang lama atau uang kuno ini memang menjadi incaran para kolektor.

Dan, nyatanya memang gak salah. Sah-sah saja uang koin emas atau uang kuno dijual hingga 100 juta atau lebih, itu sah-sah saja.

Kepala Kantor Perwakilan bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan bahwa uang pecahan lama yang sudah ditarik BI menjadi barang yang unik, terutama di komunitas kolektor.

“Karena memiliki pasar, yakni komunitas numestik atau para kolektor tersebut, akhirnya uang kuno ini menjadi salah satu komoditas barang langka,” jelas Hestu Wibowo dalam keterangannya kepada Radar Cirebon, Senin lalu (10/4/2023).

Karena menjadi barang langka, kemudian diburu atau diincar para kolektor, terutama yang memiliki spesifikasi yang unik. Misalnya seri unik.

0 Komentar