Satgas Saber Pungli Kabupaten Cirebon Sidak Penerimaan PPDB

sidak
Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Cirebon AKBP Dedy Darmawansyah bersama tim melakukan sidak ke SMAN 1 Palimanan . Foto: Cecep Nacepi/Radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Cirebon, AKBP Dedy Darmawansyah beserta timnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA, kemarin.

Ketua dan tim melakukan kunjungan yang dadakan itu ke salah satu sekolah favorit di wilayah Barat, yakni SMA Negeri 1 Palimanan.

Pantaun di lapangan, setiap mekanisme pelaksanaan PPDB dicek dan juga dipelajari oleh Satgas Saber Pungli di SMA setempat.

Baca Juga:WOW! Bupati Indramayu Serahkan Hibah Senilai Rp4 Miliar untuk RS Bhayangkara Indramayu Polres Indramayu Bekuk Komplotan Spesialis Pembobol Minimarket Lintas Daerah, 2 Pelaku Didor

“Kita mengunjungi SMA Negeri 1 Palimanan untuk memastikan bahwa tidak ada pungli. Kami juga cek pelaksanaannya. Ternyata pendaftaran PPDB sudah melalui online,” ujar AKBP Dedy Darmawansyah.

Dalam kesempatan itu, AKBP Dedy juga mengimbau kepada masyarakat atau orang tua siswa, apabila ada oknum-oknum yang mengatasnamakan sekolah agar menghubungi pihaknya untuk melaporkan atau komplain.

Termasuk panitia PPDB, kata Dedy, jika ada yang mengintimidasi agar segera menghubungi satgas saber pungli.

“Apabila ada oknum-oknum segeralah hubungi kami, dengan menelepon 110 atau 0811 2497 497. Kami juga sudah koordinasi dengan kepala sekolah dan Panitia PPBD untuk melapor ke tim saber pungli di Polresta Cirebon jika ada intimidasi dari luar,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palimanan, H Nugro Wicokro mengatakan, pada PPDB kali ini, tidak ada pendaftaran secara langsung ke sekolah.

Dijelaskan Nugro, setiap anak yang mendaftar ke SMA Negeri Palimanan bisa melalui aplikasi Sapa Warga.

Sehingga, calon siswa tidak harus datang ke sekolah, tetapi bisa daftar di rumah dan dimana pun melalui laptop maupun ponsel android.

Baca Juga:Server Sempat Gangguan, Hari Kedua PPDB 2023 Tingkat SMA di Indramayu Diklaim LancarLewat Sentra Gakkumdu, Bawaslu dan Polres Indramayu Sinergi Tingkatkan Mitigasi Kerawanan Pemilu 2024

Kalau pun datang ke sekolah, kata Nugro, hanya memverifikasi ketika ada masalah saat calon siswa mendaftar via online.

Seperti terjadinya gangguan pada jaringan pada beberapa saat lalu. “Hanya beberapa saat lalu gangguan sebentar. Sebelumnya belum pernah terjadi gangguan,” katanya.

0 Komentar