Wajib Tahu Ternyata Ada Loh Cara Membuat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
5 Cara Membuat Minyak Zaitun
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Artikel Berikut ini Akan Membahas Tentang Cara Membuat Minyak Zaitun

Nutrisi pada minyak zaitun yang sehat membuat banyak orang selalu menyimpan stok untuk disimpan di rumah. Minyak nabati yang berasal dari bahan alami ini memiliki banyak nutrisi yang diekstrak langsung melalui proses pengolahan yang baik. Cara membuat minyak zaitun adalah proses mengekstrak minyak dan memisahkannya dari bagian sari buah.

Buah zaitun bukan buah yang lazim bisa didapatkan di Indonesia. Karena itulah, biasanya proses pengolahan dilakukan dalam jumlah besar untuk memenuhi produksi minyak zaitun. Untuk mengetahui proses pembuatan minyak yang bernutrisi ini, mari simak tahapan proses pengolahannya.

Baca Juga:4 Cara Memakai Air Mawar untuk Perawatan Wajah Alami3 Teknik Pembuatan Air Mawar Sendiri di Rumah untuk Segarkan Kulit

1.Pemilihan buah zaitun segar

Pengolahan minyak zaitun bisa didapatkan dari buah yang mentah maupun matang. Buah zaitun yang mentah menghasilkan minyak berwarna kehijauan, sedangkan warna minyak dari yang matang cenderung keemasan.

Meski begitu, cita rasa dan titik didih minyak yang dihasilkan tidak jauh berbeda. Namun, nutrisi dari buah yang matang lebih baik dari pengolahan buah zaitun mentah.

Sejak dipetik, buah zaitun sebaiknya diolah dalam 2 – 3 hari agar tidak mengurangi kualitas nutrisinya. Buah zaitun mentah akan dicuci bersih dan diseleksi untuk mendapatkan hasil terbaik. Buah yang busuk, menciut, atau terlalu lembek sebaiknya tidak ikut diolah.

2.Penggilingan buah zaitun

Buah zaitun memiliki tekstur biji yang keras sehingga biasanya dipisahkan dulu antara daging dan bijinya. Jika ingin menggiling dan menghaluskan buah zaitun dalam jumlah sedikit, langkah ini juga menjaga alat yang dipakai jadi lebih awet.

Buah zaitun bisa dihancurkan atau diblender hingga menjadi pasta lalu ditambahkan dengan air panas dengan perbandingan 1:5 untuk air dan pasta. Air panas tidak harus mendidih, tapi sebaiknya berupa air yang sudah dimurnikan dari sumber air keran.

3.Penyaringan dan ekstraksi minyak

Adonan pasta yang sudah dicampur air bisa terus digiling menjadi adonan halus. Jika sudah dicampurkan, pasta zaitun bisa diaduk-aduk cepat dengan gerakan memutar. Lama-kelamaan, akan muncul minyak dari bulir buah yang sudah hancur. Proses ini juga dikenal sebagai proses malaxing.

0 Komentar