Minyak Zaitun Manfaat, Jenis, Kandungan, dan Kisaran Harga

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun: Manfaat, Jenis, Kandungan, dan Kisara Harganya
0 Komentar

Energi: 884 Kal
Lemak (Fat): 100.0 g
Kalsium (Ca): 14 mg
Besi (Fe): 1.2 mg
Natrium (Na): 7 mg
Niasin (Niacin): 5.0 mg

Selain itu, dikutip dari repository.unej.ac.id oleh Tegar Yudhi Susilo, menurut Winarno (2003) minyak zaitun banyak mengandung omega-9 (Asam Oleic).

Di mana, omega-9 mampu meningkatkan high density lipoprotein (kolesterol baik) yang lebih besar dibandingkan omega-3 dan omega-6.

Baca Juga:8 Perawatan Kecantikan Alami Anda dengan Menggunakan Air Mawar8 Lipstik untuk Bibir Hitam yang Gak Bikin Kering, Wajib Kamu Coba

Kisaran Harga Minyak Zaitun

Kisaran harga minyak zaitun di beberapa platform marketplace. Berdasarkan variasi dan berat kemasan, berikut beberapa kisaran harga minyak zaitun:

Minyak zaitun asli extra light oil 500 ml: Rp 90- 100 ribuan (bisa lebih)
Minyak zaitun 175 ml: Rp 15 ribu -24 ribu
Minyak zaitun extra virgin olive oil refined pomace 250 ml : Rp 129 ribu
Minyak zaitun classico 2 liter Rp 350 ribu – 360 ribu
Minyak zaitun untuk masak 1 liter Rp 68 ribuan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan. Dilansir laman Healthline, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan K, serat, asam lemak.

Minyak zaitun extra virgin berperan sebagai antioksidan. Di mana, hal tersebut bisa mencegah radikal bebas yang merupakan sumber penyakit.

2. Kaya Akan Lemak Tak Jenuh yang Sehat

Minyak zaitun mengandung sekitar 45% lemak jenuh, 11% lemak tak jenuh ganda meliputi lemak omega-6 fan omega-3.

Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal sehingga akan menjadi pilihan minyak yang sehat untuk memasak.

Baca Juga:Wajib Tahu 6 Khasiat Minyak Zaitun yang Bikin Kulit Sehat dan Pikiran Anda Menjadi Tenang10 Manfaat Apabila Anda Menggunakan Air Bunga Mawar, Anda Akan Mewarisi Kecantikan Seperti Cleopatra

3. Membantu dan Mencegah Stroke

Minyak zaitun bermanfaat dalam membantu dan mencegah penyakit stroke. Diketahui, stroke disebabkan karena adanya gangguan aliran darah ke otak, karena gumpalan darah maupun pendarahan.

Studi tahun 2014 yang dilakukan oleh Lukas Schwingshackl dan Georg Hoffmann dari University of Vienna, Austria, menemukan bahwa minyak zaitun merupakan satu-satunya sumber lemak tak jenuh terkait penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Mampu membantu kesehatan jantung dari penyakit juga termasuk manfaat minyak zaitun.

Pharmacological Research tahun 2007 dalam situs Sciencedirect, María Isabel Covas dari Institut Municipal d́Investigació Mèdica, Barcelona, menuliskan bahwa minyak zaitun extra virgin menjadi salah satu bahan yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

0 Komentar