Memilih Hewan Kurban Kambing Yang Sehat Dan Bagus !!

KAMBING YANG COCOK BUAT KURBAN
KAMBING YANG COCOK BUAT KURBAN
0 Komentar

Memilih kambing yang sehat dan bagus itu perlu, karena nantinya daging kurban akan dibagikan ke banyak orang. Mungkin ada beberapa orang yang sering membeli kambing bahkan tau benar soal kambing hanya tau beberapa ciri jika kambing tersebut memang benar-benar sehat.

Tapi perlu kalian tau, ternyata ada banyak sekali ciri-ciri yang menandakan kambing tersebut memang benar-benar sehat. Jadi kalian wajib tau ciri kambing yang bagus dan ciri kambing yang sehat, jika kalian tau nantinya kalian tidak akan mendapatkan kambing yang tidak sehat. berikut cara memilih kambing yang sehat dan bagus untuk  Kurban.

Metode Memilah Hewan Kurban Kambing

1 .  Yakinkan Hewan Kurban Layak

Metode memilah hewan kurban kambing yang benar kedua, yakinkan kambing dalam keadaan yang layak, cocok dengan kedokteran ataupun syariat Islam. Ciri- cirinya di antara lain tidak pincang, tidak buta, kuping tidak rusak ataupun cacat, serta kambing telah ditumbuhi sejoli gigi senantiasa.

Baca Juga:11 Destinasi Wisata Di Tasikmalaya Yang Keren Dan Indah !!Memilih Buku Bacaan Yang Bagus Dan Keren !!

2 .  Pastikan Hewan Sehat

Metode memilah hewan kurban kambing yang benar awal merupakan dengan membenarkan kambing betul- betul bugat. Yakinkan hewan tersebut sehat serta leluasa dari penyakit. Ada pula ciri- cirinya secara universal antara lain berdiri tegap, bulu hewan bersih serta mengilap, tidak kurus serta lincah, metode bernapas wajar, temperatur tubuh optimal 39 derajat celcius, tinja serta urine wajar dan anus bersih, dan perhatikan lubang kumlah( lubang hidup serta mulut), wajib bersih serta tidak berdahak, terlebih hingga menghasilkan darah.

3 .   Minimun Berumur Satu Tahun serta Sudah Masuk Tahun Kedua

Metode memilah hewan kurban kambing yang benar selanjutnya merupakan dengan membenarkan umurnya telah cocok ketentuan. Hewan kurban wajib lumayan usia dikala hendak disembelih. Lumayan usia di mari diisyarati dengan tumbuhnya sejoli gigi senantiasa.

Buat kurban unta minimun berumur 5 tahun serta sudah masuk tahun keenam. Sebaliknya, sapi minimun berumur 2 tahun serta sudah masuk tahun ketiga. Sedangkan domba wajib merambah umur satu tahun serta kambing minimun berumur satu tahun dan sudah masuk tahun kedua.

Sebagaimana hadis dari Mujasyi’ bin Masud Radhiyallahu‘ anhu, kalau Nabi shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,“ Sebetulnya domba umur 6 bulan nilainya sama dengan kambing umur satu tahun.”( HR. Abu daud, An- Nasa’ i, Ibnu Majah, serta dishahihkan Al- Albani).

0 Komentar