11 Makanan Indonesia Khas Belanda Yang Di Sukai Banyak Orang !!

KULINER KHAS INDONESIA YANG ASALNYA DARI NEGERI KINCIR AIR
KULINER KHAS INDONESIA YANG ASALNYA DARI NEGERI KINCIR AIR
0 Komentar

Pihak Belanda ingin menyantap steak daging, sedangkan Sri Susuhunan, raja Kasunanan Surakarta lebih menyukai nasi dan sayur. Salad dengan mayonaise pun dipandang terlalu berlemak.

Selat solo pun memfasilitasi kesukaan kedua belah pihak. Sepiring selat solo berisi potongan daging berukuran kecil, kuah berempah dengan citarasa asam manis, serta sayuran yang membuat hidangan ini meriah. Nama “selat” juga menyerap kata salad. Jika dulu selat solo hanya disantap bangsawan, sekarang siapa pun bisa menyantap bistik gaya Solo ini.

2 .  Bitterballen

Kudapan yang bernama bitterballen mungkin kamu sudah pernah mencicipi karena makanan khas Belanda ini di Tanah Air cukup banyak dijual di cafe-cafe. Namun saat berkesempatan melancong ke Belanda kudapan ini tetap perlu di coba biar kamu bisa tahu cita rasa aslinya.

Baca Juga:7 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Dan Menghindari Dari Penyakit !!10 Tempat Terlarang Yang Ngak Bisa Di Kunjungi Oleh Orang Umum !!

Buat yang mungkin belum tahu, bitterballen adalah kudapan berbahan dasar tepung terigu, daging sapi atau daging ayam, susu segar, keju yang di beri aneka rempah seperti merica dan pala. Bentuknya bulat, dibalut tepung panir dan digoreng. Di sajikan dengan saus mayonaise atau mustard bitterbal. Rasanya gurih, creamy, renyah dengan isian yang lembut dan pasti bikin nagih. Jadi pastikan untuk berburu kuliner halal ini saat berlibur ke Belanda.

3.  Roti Bluder

Roti bluder kembali naik daun beberapa tahun belakangan. Padahal, roti ini termasuk resep roti kuno warisan era kolonial Belanda. Ciri khas roti bluder adalah bentuknya yang menyembul seperti jamur dengan bagian atas roti berbentuk setengah lingkaran. Biasanya, bluder memakai cup kertas sebagai “loyang” saat dipanggang.

Serat rotinya terlihat jelas saat kamu sobek. Teksturnya empuk, lembut, dan lumer di mulut, meski dibuat tanpa bahan pengawet. Warnanya pun tampak lebih kuning karena penggunaan kuning telur dalam jumlah relatif banyak daripada roti biasa. Kamu udah pernah coba rasanya enak banget.

4.   Kroket

Sudah nggak asing dengan kudapan yang bernama kroket? Ya, kroket yang sering kamu jumpai di toko-toko kue di dekat rumahmu ini memang aslinya makanan khas Belanda. Walaupun mungkin sudah sering memakannya, tapi kroket bisa dijadikan salah satu pengganjal perut yang aman buat umat muslim saat plesir ke Belanda.

0 Komentar