GAK RIBET! Inilah Cara Menanam Pakcoy di Pot dengan Sederhana

Cara menanam pakcoy di pot
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Perlu Anda ketahui, artikel ini akan mengulas tentang cara menanam pakcoy di pot dengan mudah dan sederhana.

Bagi pecinta sayuran hijau pasti tahu yang namanya pakcoy. Pakcoy merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga cruciferous. Pakcoy atau pakchoy atau pak choi dikenal juga dengan sebutan sendok mustard. Pakcoy ada banyak jenisnya, misalnya pakcoy merah, pakcoy biru, pakcoy putih, pakcoy baby, dan lain-lain.

Pakcoy merupakan salah satu sayuran yang mudah dan cepat ditanam. Varietas Pakcoy juga menjadi salah satu bibit sayuran yang paling laris. Waktu panennya sangat singkat, yaitu 30 hingga 45 hari setelah tanam.

Baca Juga:Cara Menanam Pakcoy di Tanah; Gampang dan Gak Ribet!Cara Menyimpan Daun Pandan agar Tidak Layu dan Wanginya Tahan Lama

Menanam pakcoy tidak perlu dilakukan pada lahan yang luas. Pakcoy juga bisa ditanam di pot atau tas yang berukuran relatif kecil.

Cara Menanam Pakcoy di Pot

Berikut cara menanam pakcoy di dalam karung atau pot. Tahap penyemaian

1. Siapkan bibit pakcoy, media tanam, sprayer dan tempat penyemaian.

2. Taburkan bibit pakcoy terlebih dahulu. Gunakan tempat persemaian atau nampan benih khusus, atau bisa juga menggunakan pot, kantong pot, atau wadah lainnya. 3. Media tanam harus media non tanah, misalnya media pemanggangan, pupuk organik atau cocopeat. Jika ingin menggunakan tanah, usahakan tanah gembur dan subur, lalu tambahkan campuran kompos (1:

Pertama).

4. Gunakan ujung jari untuk membuat lubang pada media semai. Ini adalah kedalaman sambungan.

5. Masukkan dua manik ke dalam setiap lubang. Maksud dari kedua benih ini adalah jika benih yang satu mati, maka benih yang lain akan menggantikannya untuk tumbuh. Untuk penyemaian, dapat dibuat lima lubang dalam kantong pot berukuran 15 cm. 6. Kubur lubang-lubang yang telah menerima benih dengan cara menutup tepi atas setiap lubang dengan media pot. Anda tidak perlu menekannya.

7. Bilas perlahan dengan botol semprot (water spray) pagi dan sore hari. 8. Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

9. Jauhkan dari gangguan binatang seperti ayam atau burung.

0 Komentar