RADARCIREBON.IDÂ – Rangka ESAFÂ (Enhanced Smart Architecture Frame) milik Honda hingga kini masih menjadi perbincangan hangat publik, terutama di kalangan pengguna motor merek tersebut.
Rangka ESAF merupakan rangka terbaru yang digunakan oleh Honda ke beberapa model skuter matik (skutik) mereka sejak 2019.
Penggunaan rangka ini pada motor diklaim mampu meningkatkan stabilitas handling, sehingga motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.
Baca Juga:Selain Pengusir Ular di Pekarangan Rumah, Inilah 5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua yang Jarang diketahuiInilah 5 Tanaman Pengusir Ular Masuk Rumah, Selain Ampuh Usir Ular Juga Cantik Dijadikan Tanaman Hias di Pekarangan
Selain itu, berkat rangka ESAF, motor matik Honda jadi punya tangki bahan bakar lebih besar, lebih hemat bahan bakar, dan minim deformasi.
Di balik keunggulannya, penyematan rangka ESAF sempat dikeluhkan oleh pengguna motor matik Honda.
Telah lama ini viral di media sosial yang menyebutkan rangka motor besutan honda tersebut mudah patah dan karatan.
Masih mengenai rangka ESAF, dari radarcirebon.id menurut para ahli otomotif ,ada banyak kelemahan pada rangka ESAF besutan Honda tersebut.
Setidaknya ada 3 faktor penyebab rangka ESAF milik Honda yang sangat fatal.
3 Faktor Penyebab Rangka ESAF Mudah Patah
1. Rangka ESAF menggunakan pipa turbular dari plat baja yang di press
Rangka ESAF milik honda (Enhanced Smart Auto Folded) tidak menggunakan pipa turbular dari besi tapi menggunakan plat baja yang di press.
Kelemahan menggunakan plat baja ini adalah sifat baja yang keras dan mudah patah jika terjadi hantaman, berbeda dengan sifat besi yang akan bengkok jika terjadi hantaman (tidak patah).
Baca Juga:Pasukan Hamas Menyerang Israel Benarkah Dunia Akan Kiamat? Inilah Penjelasan Hadis dan Sejarah Israel Menduduki Tanah PalestinaFlek Hitam Hilang Permanen!!! Inilah 3 Rekomendasi Rangkaian Menggunakan Produk Kosmetik Wardah, Hanya Modal 20 Ribuan!
Selain itu Honda percaya diri atau terlalu percaya diri dalam membuat Rangka ESAF, selain menggunakan baja dalam pembuatan rangka juga ketebalan bajanya dibuat hanya 0,8-1 mm.
Berbeda dengan rangka milik Yamaha yang mempunyai ketebalan 2,3 mm, ataupun motor-motor yang lain yang ketebalan rangkanya lebih dari rangka ESAF.