RADARCIREBON.ID – Kapan bantuan langsung tunai atau BLT El Nino dicairkan pemerintah? Pertanyaan itu banyak dilontarkan oleh masyarakat, terutama Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Diketahui, Kementerian Keuangan mengumumkan BLT El Nino akan disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.
BLT EL Nino dicairkan dengan total dana mencapai Rp7,52 triliun. Bantuan ini dirancang untuk mendukung KPM yang terdampak fenomena El Nino.
Baca Juga:LOLOS 16 BESAR? Usai Timnas Indonesia U-17 Tahan Imbang Panama, Wajib Menang Kontra Maroko di Laga TerakhirBPIH 2024 Diusulkan Rp105 Juta per Orang, Kemenag dan DPR Bentuk Panja
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, penyaluran dana BLT akan dilakukan secara efisien melalui satu kali transfer Rp400.000 untuk dua bulan, yaitu November dan Desember 2023. Tujuannya adalah untuk membantu KPM secepat mungkin.
Pemerintah menekankan bahwa program bantuan langsung tunai (BLT) yang akan dicairkan ini untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino.
Bagaimana cara memeriksa apakah Anda berhak menerima bantuan ini? Dalam artikel ini akan sajikan panduan lengkapnya.
Berikut Langkah-langkah Mengecek Penerima BLT El Nino 2023
1. Melalui portal cekbansos.kemensos.go.id
– Kunjungi situs web resmi Kemensos, cekbansos.kemensos.go.id.
– Masukkan informasi seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan Anda.
– Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
– Ketikkan empat huruf kode yang tertera di kotak kode (refresh jika diperlukan).
– Klik “cari data”.
Baca Juga:UMKM Merapat, BCA Bantu 1.000 Sertifikasi Halal Gratis, Simak Syarat dan Ketentuannya DisiniPerkiraan Cuaca Selasa 14 November 2023, Wilayah Cirebon Potensi Hujan, Waspada Hujan Disertai Angin Kencang
– Halaman Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat yang sesuai dengan wilayah yang Anda masukkan.
– Anda akan menjadi penerima BLT El Nino jika status BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako Anda adalah “Ya”.
2. Melalui Aplikasi Cek Bansos
– Unduh aplikasi resmi “Aplikasi Cek Bansos” dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.
– Pilih “Buat Akun Baru” dan isi informasi seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai dengan KTP.
– Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP, lalu klik “Buat Akun Baru”.
– Setelah data Anda diverifikasi oleh Kemensos, akun atau user ID akan diaktifkan, dan Anda dapat mengakses menu pada Aplikasi Cek Bansos.
– Login dengan mengetikkan username dan kata sandi yang telah Anda buat.