Cara Membersihkan Telinga Yang Tersumbat Kotoran dengan Aman

cara membersihkan telinga yang tersumbat
cara membersihkan telinga yang tersumbat
0 Komentar

3 . Berkumur Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam hangat dapat membuka sumbatan telinga dan sekaligus mengurangi kemampatan hidung akibat flu atau masalah sinus. Dua masalah ini biasanya saling berhubungan satu sama lain.

4 .  Menggunakan Minyak Zaitun

Penumpukan serumen atau yang dikenal juga dengan earwax bisa terjadi karena bagian dalam telinga terlalu kering. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melembapkan serumen dan bagian dalam telinga dengan minyak zaitun. Caranya yaitu meneteskan minyak sebanyak satu tetes ke telinga yang mengalami gangguan.

5 . Gunakan Alkohol dan Cuka Apel

Cara lain untuk mengatasi kotoran telinga yang menyumbat adalah dengan menggunakan campuran alkohol dan cuka apel. Dua zat ini dapat membantu mengobati jika terjadi infeksi bakteri di liang telinga yang menyebabkan penyumbatan.

Baca Juga:Mengenal Bunga Kantil Dan Mengetahui Manfaat Buat KesehatanCara Mengobati Sariawan Di Pinggir Bibir Yang Ampuh

6 . Air Hangat Tambah garam

Membilas telinga dengan air hangat juga sangat baik untuk mengatasi telinga tersumbat. Namun perlu hati-hati menggunakan cara ini agar air tidak tertahan di telinga. Gunakan suntikan khusus telinga agar lebih aman dalam melakukan prosedur ini.

Obat Telinga Tersumbat

Apapun penyebabnya (selain masalah pada telinga luar), obat dekongestan bisa meringankan rasa tersumbat pada telinga. Fungsi obat ini yaitu melonggarkan saluran pada hidung dan saluran eustachius, sehingga dapat melegakan telinga yang tersumbat. Konsumsi obat ini 30 menit sebelum penerbangan juga dianjurkan untuk mengatasi telinga tersumbat saat naik pesawat. Contohnya obatnya: Pseudoefederin, Efedrin, yang tersedia dalam berbagai merek seperti Rhinos, dan lain-lain.

Itulah cara agar telinga kita tidak tersumbat lagi semoga bermanfaat.

 

0 Komentar