10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui!

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh. Foto : Tanaman Kunyit Screenshot_pixabay - radarcirebon.id
0 Komentar

3. Obat Alergi

Dengan kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

Kandungan tersebut dapat menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin.

Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

4. Menangkal Bakteri Jahat

Baca Juga:5 Manfaat Buah Semangka Yang Baik Untuk Tubuh, Berikut Cara Makannya!5 Produk Serum Wajah yang Dapat Mencerahkan Kulit Kusam dan Bikin Glowing!

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Bagi Anda yang sering merasa sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri jahat, Anda bisa minum larutan kunyit hangat.

Hebatnya lagi, dengan kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

5. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Maka, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Bahkan dengan mengonsumsi air kunyit secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

6. Mengobati Radang

Yang kedua, dengan kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten, akan mampu mengatasi radang.

Satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg). Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh.

Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

7. Mengurangi Rasa Mual

Baca Juga:Tips dan Cara Menggunakan Air Mawar Viva Untuk Perawatan Wajah Agar Terlihat Cerah dan Awet MudaGunakan 8 Bahan Alami Ini Untuk Mencerahkan Wajah Kusam dengan Cepat, Berikut Cara Gunakannya!

Manfaat ketiga, berkat kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut.

Maka dari itu jika Anda rutin mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

8. Penawar Racun

Menurut sebuah penelitian, menyebutkan bahwa kandungan di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular.

0 Komentar