Ada Ganjalan Ini penyebabnya Iphone 16 belum boleh masuk ke RI Alias Masi Di Tunda Ini Penyebabnya

Ganjalan Ini penyebabnya Iphone 16 belum boleh masuk ke RI Alias Masi Di Tunda
Ganjalan Ini penyebabnya Iphone 16 belum boleh masuk ke RI Alias Masi Di Tunda
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Anda pasti kenal dengan Ponsel HP ini yang begitu Populer di kalangan atas sampai menengah ini bukan lain adalah Iphone HP yang sangat populer ini kabarnya lagi ada isu hangat karena ada penundaan untuk di edarkan di RI.

IPhone 16 dari Apple telah beredar di pasar global atau di setiap negara selama hampir sebulan, tetapi belum tersedia di Indonesia. Penyebab utama keterlambatan ini adalah iPhone 16 belum memperoleh sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang diwajibkan.

Peraturan mengenai TKDN tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan Nilai TKDN untuk produk seluler, komputer genggam, dan komputer tablet.

Baca Juga:Harapkan Semua Orang Laptop Gaming Murah Dan Bersahabat Bernama Acer Nitro 5 AN515-54-507MIni Penjelasan Kenapa Setir Mobil Di Luar Negeri Berada Di Kiri Sedangkan Di Negara Kita Di Sebelah Kanan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bushwa Apple belum memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. “Terkait isu yang sedang ramai beredar di masyarakat yaitu telepon seluler iPhone 16 dari Apple yang belum bisa masuk ke pasar Indonesia, karena masih dalam proses pengurusan sertifikat TKDN yang menjadi salah satu syarat importasi telepon seluler tersebut,” kata Agus dalam Rapat Kerja seluruh Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha anggota Pokja Tim Nasional Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Apple, sebagai perusahaan multinasional, tentu ingin memastikan bahwa semua produk mereka sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun, proses pengajuan dan verifikasi dokumen untuk memenuhi persyaratan ini bisa memakan waktu. Ini membuat peluncuran iPhone 16 di Indonesia harus ditunda hingga semua persyaratan dipenuhi.

Pemerintah mendorong Apple untuk tidak hanya mendirikan akademi, tetapi juga membangun pabrik dan melakukan pengembangan riset di Indonesia. “Jika mereka memenuhi komitmen investasi, maka TKDN mereka bisa mencapai 40%, dan iPhone 16 dapat dijual di pasar Indonesia,” tambah Agus.

Apple juga berencana untuk mendirikan empat Apple Developer Academy di Indonesia, dengan yang terbaru berada di Bali. Agus menegaskan bahwa jika Apple memenuhi semua persyaratan ini, izin penjualan iPhone 16 akan segera dikeluarkan, demi menciptakan lapangan kerja dan mendukung pengembangan sumber daya manusia industri di tanah air.

0 Komentar