Jalur Kereta Api Turut Majukan Kota Cirebon, Selama 15 Tahun Dibangun 2 Stasiun

Stasiun Kejaksan Kota Cirebon
STASIUN KEJAKSAN: Suasana bagian depan Stasiun Kejaksan Kota Cirebon. FOTO: ABDULLAH/RADAR CIREBON
0 Komentar

Mulanya, Staatssporwegen menyambungkan Jakarta-Karawang pada tahun 1887. Dilanjutkan Karawang-Purwakarta pada tahun 1902.

Kemudian jalur itu baru dibuka sampai Padalarang pada tahun 1906. Hal itu setelah membangun sebuah terowongan dan ratusan jembatan.

Tentu saja terhubungnya Jakarta-Bandung via Cikampek ini mengalihkan perjalanan KA Jakarta-Surabaya dari Stasiun Bogor. Juga bisa mempersingkat sedikit waktu tempuh.

Namun oleh Belanda, jalur baru itu dianggap masih belum ideal. Apalagi ada persoalan medan di Priangan Timur yang masih cukup berat dan jalurnya berkelak-kelok.

Baca Juga:Waktu yang Tepat Beli Emas, Ada 3 Hal Bisa Jadi PedomanTak Bisa Penuhi Kebutuhan Hidup Pekerja, Ternyata Begini Cara Pemerintah Tentukan UMK

Staatsspoorwegen pun mencari rute yang lebih ideal, lebih pendek, dan kecepatan KA bisa lebih tinggi. Maka pada 3 Juni 1912, jalur KA Cikampek-Cirebon resmi beroperasi.

Dari Cirebon, ternyata tidak ke Semarang. Tapi jalur disambung ke Purwokerto dan Kroya. Pembukaan rute itu dilakukan secara bertahab, dari 1915 hingga 1917.

Desain awal jalur KA Cikampek-Cirebon memang berbeda dengan jalur selatan sebelumnya. Jalur yang baru ini cenderung lurus. Kecepatan KA pun dapat dipacu hingga 120 km/jam.

Awalnya, wacana jalur Cikampek – Cirebon tidak seperti yang sekarang. Wacanya jalur itu akan sedikit berkelok melewati Kota Subang dan Kuningan. Namun rencana itu batal. Penyebabnya di antaranya karena potensi waktu tempuh ideal yang tidak akan tercapai.

Akhirnya Staatsspoorwegen pun mengorbankan jalur KA tidak melewati kedua kota tersebut. Pengelola pun mengalihkannya lewat jalur lain. Yang cenderung lebih sepi namun bisa dibangun jalur lurus yang sangat panjang. Inilah jalur KA Cikampek – Cirebon sekarang ini.

Soal 2 stasiun di Cirebon, dulu Stasiun Kejaksan sendiri awalnya terpisah dengan Stasiun Prujakan. Tidak ada jalur KA yang menyambung kedua stasiun itu.

Pada 1914, barulah jalur penghubung antara Kejaksan-Prujakan beroperasi. Bahkan sampai tahun 2011, jalur KA Cirebon-Kroya berada di luar emplasemen Stasiun Prujakan.

0 Komentar