7 Tradisi Imlek Miliki Makna. Simak Penjelasannya!.

RADARCIREBON.ID- Perayaan imlek 2574 sudah didepan mata. Perayaan imlek yang akan digelar pada Minggu 22 Januari 2023 ini, tak lepas dari tradisi makna dan harapan bagi yang merayakannya.

Tradisi perayaan tahun baru Imlek dimaksudkan untuk membawa keberuntungan serta kemakmuran di tahun baru. Tradisi tersebut meliputi perjamuan keluarga, perayaan luar ruangan yang menampilkan petasan, kembang api, barongsai, berbagi angpao dan lain- lain.

Beragam persiapkan tersebut tidak terlepas agar momen Imlek bisa berlangsung dengan meriah dan menghibur. Kemeriahan dan hiburan yang kerap disuguhkan pada momen spesial tersebut tidak terlepas dari tradisi masyarakat China yang terus dilestarikan hingga saat ini.

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Bertemakan Pecinan- Imlek. Simak Ulasannya!

Tak hanya sebatas hiburan, setiap tradisi yang kerap hadir saat Imlek memiliki makna cukup mendalam. Dikutip dari China Highlights berikut adalah makna masing-masing tradisi yang kerap hadir saat Imlek.

1. Petasan

Petasan dinyalakan tidak selalu saat malam pergantian tahun masehi atau konser saja. Namun saat Imlek tiba pun sejumlah petasan kerap dinyalakan.

Tradisi menyalakan petasan tersebut sengaja dijalankan bukan tanpa sebab. Pasalnya, menyalakan sebagai wujud untuk menakuti monster atau makhluk yang bernama Nian.

Konon, Nian sendiri kerap menyerang seseorang hingga memakan anak-anak. Masyarakat pada masa itu memanfaatkan api hingga petasan untuk mengusir makhluk tersebut.

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Jadi Generasi Home Service

2. Berkumpul Bersama Keluarga dan Tampil Serba Merah

Tradisi Imlek di Indonesia yang lainnya adalah berkumpul bersama keluarga dan tampil serba merah. Momen ini ditujukan untuk mempererat tali persaudaraan. Biasanya, mereka kompak menggunakan busana bernuansa merah.

Imlek selalu identik dengan penggunaan warna merah di berbagai ornamennya mulai dari lampion, lilin, angpau, hingga pakaian yang digunakan. Penggunaan warna merah dalam hari spesial tersebut ternyata memiliki makna tersendiri.

Merah dipercaya sebagai warna keberuntungan China serta bisa menakut-nakuti roh nasib buruk. Tak hanya itu, merah juga bisa melambangkan suasana pesta yang ceria dan meriah.

3. Barongsai

Barongsai merupakan salah satu tarian tradisional China yang kerap dipentaskan saat Imlek tiba. Biasanya kesenian tersebut dimainkan oleh dua orang yang gerakannya menyerupai seperti singa.

Komentar